Ini Almarhum H Salman Djiban di Mata Sang Anak

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 785

Ini Almarhum H Salman Djiban di Mata Sang Anak
Foto almarhum Salma Djiban, mantan Wakil Wali Kota Pontianak. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Meninggalnya H Salman Djiban bin Djiban, mantan Wakil Wali Kota Pontianak di era kepemimpinan dr Buchari Arrahman periode 1998-2004 membawa duka. Beliau meninggal dalam usai 72 tahun.

Anak keempat almarhum, Vivi Salmiarni (38) bercerita, ayahnya sejak tahun 2011 menderita stroke. Sebelum mengembuskan napas terakhirnya, dia sempat dibawa ke RS Untan lantaran ada pembengkakan. Dikhawatirkan, ginjal atau livernya berpengaruh.

"Mungkin memang jalannya, apalagi kita usahakan ke ICU, ndak lama Bapak meninggal. Dibawa kemarin Selasa malam. Jam enam hampir setengah tujuh meninggal," ceritanya, Rabu (22/11).

Di mata sang anak, almarhum sangat sayang dan perhatian. Bukan tipikal pendendam yang bila pun marah, habis begitu saja. Mantan Kepala Inspektorat Pontianak itu juga senang bercanda.

"Buat kami anak-anaknya, Bapak idola. Yang diingat, Bapak suka bergurau, jadi tidak ada jarak. Bapak juga suka makan asam pedas," katanya.

Usai menjabat sebagai Wakil Wali Kota Pontianak mendampingi dr Buchari Arrahman di periode pertama, almarhum sempat aktif di partai, namun tak lama. Aktivitasnya lebih banyak di rumah.

Almarhum meninggalkan seorang istri, Sumarni (64) dan empat orang anak. Sejatinya, almarhum memiliki lima anak, namun anak ketiganya mangkat di usia lima tahun. Lahir 27 September 1945, dia memiliki sepuluh cucu.

Jenazah rencananya akan dimakamkan di tanah wakaf keluarga di Gang H Nuh, Kampung Bangka, tempat asal almarhum. Pemakaman akan dilakukan lepas Ashar hari ini, menunggu anak pertamanya yang masih dalam perjalanan dari Sintang.

"Atas nama keluarga minta maaf, atas nama Bapak, kalau tidak sempat terucap maaf dari Bapak pribadi, kami dari keluarga mohon diikhlaskan atas kekhilafan Bapak, mohon doa. Misal ada utang tolong hubungi pihak keluarga," pungkasnya. (bls)