Usai Mendaftar, Cagub Jalur Perseorangan Wajib Lakukan Ini

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 423

Usai Mendaftar, Cagub Jalur Perseorangan Wajib Lakukan Ini
Kantor KPU Kalbar, Jalan Subarkah, Kota Pontianak. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar, membuka pendafataran bagi bakal pasangan calon (paslon) perseorangan gubernur dan wakil gubernur Pilgub 2018, hari ini, Rabu (22/11) sampai dengan Minggu (26/11).

Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiyawati mengatakan, bagi bakal paslon perseorangan diharuskan mengunggah data dukungan ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). KPU sendiri, telah memberikan akses aplikasi itu bakal calon yang ingin mendaftar.

Untuk bakal paslon yang telah mengkonfirmasi KPU, ungkapnya, baru pihak pasangan Kartius-Pensong dan Rafael Suyudi. Sementara berapa pasangan yang akan mendaftar, KPU masih menunggu hingga akhir masa penyerahan berkas.

"Nanti di rentang waktu 22 sampai 26 (bulan ini), kita lihat apakah mereka akan menyerahkan dokumen dukungan atau tidak," ucapnya.

Sebelumnya, Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sempat dipermasalahkan oleh sejumlah parpol, lantaran dianggap bukan sebagai syarat kewajiban dalam mendaftar administrasi kepartaian.

Namun berkenaan Silon, Umi menegaskan, bahwa aplikasi ini memang sudah diwajibkan, bahkan pada pemilihan sebelumnya.

"Kalau Silon sudah dari 2015 kemarin. 2015, 2017 sudah pakai Silon," terangnya

Ia mengatakan, aplikasi ini sesungguhnya untuk memudahkan kerja KPU dan bagi bakal paslon.

"Dengan Silon ini, nanti bisa mendeteksi kegandaan, ganda internal atau antar pasangan calon, memudahkan pekerjaan seperti itu lah. Kan tidak mungkin manual," jelasnya.

Ia menuturkan, apabila syarat dukungan telah terpenuhi, kemudian KPU akan menyerahkan surat keputusan.

"Bahwa penyerahan dokumen dukungannya diterima. Tapi kalau belum memenuhi, maka kami akan mengembalikan dokumennya kepada pasangan calon, disertai berita acara," katanya.

"Dan sepanjang masih dalam masa pendaftaran sampai tanggal 26, dia bisa kembali lagi untuk menyerahkan dokumen dukungannya," timpalnya. (umr)