Selasa, 24 September 2019


Wali Kota Minta ASN Taat Bayar Pajak Kendaraan

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 477
Wali Kota Minta ASN Taat Bayar Pajak Kendaraan

TEMPEL STIKER - Petugas menempel stiker tanda telah membayar pajak di kendaraan, Kamis (23/11). (SP/Balasa)

PONTIANAK, SP - Dari 128 unit kendaraan terjaring razia pajak Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Pontianak Wilayah I di Komplek Kantor Wali Kota Pontianak, Kamis (23/11), 16 unit di antaranya kendaraan plat merah dan sisanya 112 kendaraan plat hitam.

Adanya razia ini ditanggapi positif Wali Kota Pontianak, Sutarmidji. ASN katanya memang harus taat pajak. Mereka yang melanggar, harus ditilang.

"Kemudian kalau ada motor dinas yang tidak bayar pajak itu mungkin motor yang mau kita hapus. Mungkin dalam penghapusan itu tidak dianggarkan lagi pembayaran pajaknya," kata Sutarmidji.

Ketika motor itu nantinya dilelang, pemenang lelang akan membayar tunggakan pajak.

"Motor (dinas) memang akan kita hapus, kecuali yang pengantar surat. Kalau motor pribadi harus taat aturan. Kalau kita suruh orang taat aturan yang kita sebagai pelaksana harus taat aturan," katanya.

Tak hanya ASN, dia meminta seluruh warga Kota Pontianak untuk bayar pajak. Jika ingin pembangunan Kota Pontianak maju, pajak adalah sumber pendanaannya. Tahun lalu saja, dana bagi hasil dari provinsi ke Pemerintah Kota kurang lebih 8 persen dari volume APBD.

"Apalagi pajak kendaraan bermotor. Kalau di Pontianak ini kan jalan-jalan kita buat nyaman, lebih lebar. Gang-gang juga, dana dari bagi hasil bagi pajak kendaraan bermotor," pungkasnya. (bls)