Dewan Kalbar Dorong Masalah Banjir Bandara Masuk Perda KKOP

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 479

Dewan Kalbar Dorong Masalah Banjir Bandara Masuk Perda KKOP
BANDARA - Suasana Bandara Internasional Supadio pasca peristiwa banjir di landasan beberapa waktu lalu. (SP/Jaka)
PONTIANAK, SP - Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Amin Assegaf, mendukung banjir atau genangan air di kawasan Bandara Internasional Supadio Pontianak dan sekitarnya, juga tercantum pada  Peraturan Daerah tentang Pengendalian Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP)

Dia menyatakan dukungan dan menyetujui, wacana Pemprov Kalbar untuk revisi Perda Nomor  2 Tahun 2008 tentang Pengendalian KKOP tersebut.

Perda ini terbit pada tahun 2008 lau, dari sejak itu hingga 2016 belum pernah terjadi banjir atau genangan air pada landasan bandara. Insiden itu baru terjadi pada bulan November 2017 ini sehingga Perda itu memang perlu direvisi.

"Jangan sampai terjadinya banjir kembali yang dapat melumpuhkan aktivitas penerbangan, untuk itu penanganannya harus dilakukan sejak dari sekarang, salah satunya merevisi Perda itu," terangnya, kemarin.

Dia menerangkan, kejadian banjir itu, tentu merugikan masyarakat khusunya penumpang, tidak sedikit mereka gagal dan harus menunda keberangkatan, seperti penumpang yang ingin melakukan perjalanan ibadah Umrah.

"Bangunan-bangunan di sekitar bandara juga harus diinventarisir, jangan sampai ada yang mengganggu aktivitas penerbangan, sehingga menimbulkan masalah-masalah baru," ujarnya. (jek)