KPU Kota Libatkan Multi Stakeholder Sukseskan Pilkada

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 303

KPU Kota Libatkan Multi Stakeholder Sukseskan Pilkada
Ketua KPU Kota Pontianak, Sujadi. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Dalam rangka menyukseskan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak telah melaksanakan beberapa kegiatan yang bersifat sosialisasi kepada publik.

"Kita kemarin sudah lakukan peluncuran tahapan program dan jadwal, gerakan jalan sehat, lalu sosialisasi-sosialisasi berupa tatap muka termasuk kegiatan FGD dengan sejumlah media mainstream," ujar Ketua KPU Kota Pontianak, kepada awak media belum lama ini di Pontianak.

Ia menjelaskan, upaya ini dilakukan semaksimal mungkin dengan dana dan sumber daya manusia (SDM) KPU yang dimiliki.

"Jadi, seperti saran-saran yang disampaikan dalam kegiatan-kegiatan diskusi atau tatap muka merupakan saran konstruktif, untuk kita menstrategikan bagaimana sosialisasi ini bisa menyentuh ke semua lapisan masyarakat," terangnya.

Suksesnya suatu penyelenggaraan pemilihan, sala satu indikatornya adalah besarnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan.

KPU Kota Pontianak menargetkan, partisipasi pemilih dalam Pilkada dan Pemilu kelak bisa lebih meningkat dari pemilihan sebelumnya.

"Jadi target kita 75 persen (seluruh pemilih di Kota Pontianak), itu minimal bisa tercapai," harapnya.

Untuk mencapai target tersebut, KPU melibatkan berbagai stakeholder dalam melakukan sosialisasi kepemiluan. Di antara kelompok masyarakat itu, seperti lembaga penyandang disabilitas dan perempuan.

"Lalu ada juga dengan pemilih pemula, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan," sebutnya.

Keterlibatan berbagai pihak untuk melakukan sosialisasi ini, difasilitasi oleh KPU Kota Pontianak.

"Jadi mereka tinggal buat proposal, kita memberikan sejumlah dana memang relatif tidak terlalu besar. Tapi mereka sendiri yang merumuskan, mereka sendiri yang mengajak, mereka sendiri yang bisa menjadi narasumbernya," jelasnya.

Sementara KPU, sambung dia, membekali dengan materi pokok kepemiluan.

"Tentu akan kami sampaikan materi-materi pokok yang harus mereka sampaikan," pungkasnya. (umr/bob)