Tiga Instansi Gelar Pasar Murah

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 306

Tiga Instansi Gelar Pasar Murah
Ilustrasi. Net
PONTIANAK, SP - Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan bersama Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar, Kantor Perwakilan BI Kalbar dan Bulog menggelar pasar murah di Pasar Flamboyan dalam rangka menghadapi Natal 2017 di Pontianak.

"Pasar murah ini digelar dalam rangka mengantisipasi lonjakan harga menjelang Natal 2017," ujar Kepala Bidang Konsumsi Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertaniaan, Yuliva di Pontianak, Senin (18/12).

Yuliva menjelaskan kebutuhan komoditas pangan strategis yang dijual di pasar murah itu dipasok oleh Toko Tani Indonesia (TTI).

"Melalui pasar murah dan barang yang disuplai dari TTI, kita memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk menikmati harga pangan murah namun kualitas produk yang terjamin, " katanya.

Ia mencontohkan produk dalam pasar murah yang digelar selama dua hari tersebut seperti beras kualitas medium yang hanya dijual Rp8.000 per kilogram, gula pasir kemasan Rp12.000 per kilogram, minyak makan kemasan Rp12.000 per liter, bawang merah Rp20.000 per kilogram dan barang lainnya.

"Kami melalui pasar murah ini ingin memastikan harga pangan masyarakat terjangkau dan harga terus stabil. Dari pantau di pasar yang ada di Pontianak harga sangat stabil," jelasnya.

Terkait TTI di Kalbar menurutnya ada 16 unit yang tersebar di Kalbar. Dari 16 tokoh tersebut dipasok bahan bakunya dari 18 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di Kalbar.

"Hadirnya TTI tentu menguntungkan rakyat lantaran mampu memutus rantai pasar. Produk dari petani langsung disuplai ke TTI dan TTI langsung juga ke konsumen. Sehingga barang yang dijual murah namun tetap berkualitas," jelasnya.

Dalam pasar murah tersebut pimpinan dari sejumlah instansi terkait yang tergabung dalam Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan hadir. Masyarakat yang ingin mendapatkan produk murah dari kegiatan tersebut juga antusias. (ant/bah)

Komentar