Bank Dunia Siap Bantu Pemkot Pontianak Tangani Banjir

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 417

Bank Dunia Siap Bantu Pemkot Pontianak Tangani Banjir
DISKUSI - Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berdiskusi dengan tim Word Bank soal banjir di Pontianak usai pertemuan di Aula Abdul Muis Muin, Kantor Bappeda Pontianak, Rabu (20/12). (Humas Pemkot)
PONTIANAK, SP - Tim Spesialis Penanggulangan Resiko Bencana (Disaster Risk Management) Regional Asia Timur dan Pasifik The World Bank akan membantu Kota Pontianak dalam mengatasi persoalan banjir.

Rabu (20/12) pagi, mereka bertemu dengan Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan pejabat terkait di Aula Abdul Muis Muin, Kantor Bappeda Pontianak.

Ketua tersebut, Jolanta Kryspin Watson menjelaskan kedatangannya ke Pontianak berdasarkan Indeks Risiko Banjir yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pihaknya akan membantu daerah dalam mengurangi resiko banjir perkotaan.

Pontianak jadi satu di antara 25 kota lain yang dikunjungi. Kondisi kota itu bervariasi, mulai dari luas, populasi dan karakteristik pertumbuhan. Rata-rata kota-kota tersebut sangat pesat pertumbuhannya.

Bila tak segera ditangani, banjir bisa menghambat pertumbuhan dan perekonomian kota.

"Banjir di perkotaan disebabkan tingginya urbanisasi dan semakin banyaknya bangunan. Ditambah lagi adanya perubahan iklim yang menyebabkan munculnya begitu banyak kondisi ekstrem yang menyebabkan meningkatkan risiko bencana banjir," sebutnya. (bls)