Rabu, 13 November 2019


Terciduk! Pelaku Penipuan Dana Nasabah, Bernilai Rp600 Juta

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 658
Terciduk! Pelaku Penipuan Dana Nasabah, Bernilai Rp600 Juta

Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol M Husni Ramli. (SP/Anugrah)

PONTIANAK, SP - Polresta Pontianak, mengamankan seorang tersangka penggelapan dana calon nasabah pada Kantor Pemasaran Mandiri Bank BNI yang bergerak di bidang deposito, berinisial YH, Rabu (27/12).

Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol M Husni Ramli, menyampaikan bahwa korban merupakan seorang wanita atas nama Susi, yang menyetorkan uangnya kepada tersangka dengan jumlah Rp600 juta.

Uang yang telah diberikan tersebut tidak disetorkan oleh tersangka, namun dipergunakannya untuk keperluan pribadi.

“Namun untuk uang tersebut, tersangka tidak menyetorkan kepada kantor pemasaran untuk dijadikan deposito, namun dipergunakan untuk keperluan pribadi,” ujarnya, Jumat (29/12).

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp600 juta.

Sementara barang bukti yang diamankan oleh pihak kepolisian yaitu satu lembar kwitansi penyerahan uang sebesar Rp600 juta, satu buah sertifikat investasi dan deposito, nomor polis BNI 01 tertanggal 14  September 2017.

Husni menuturkan bahwa awalnya korban dijanjikan oleh tersangka akan memperoleh keuntungan sebesar delapan persen dari modal yang diserahkan.

Sementara untuk kemungkinan perkembangan adanya korban lainnya, dia mengatakan bahwa sampai saat ini belum ditemukan. Pihak kepolisian masih memeriksa tersangka.

Selain itu, bukan hanya Susi, rupanya ada korban lain, namun kasus penggelapan satu buah mobil.

Tersangka akan dikenakan dengan Pasal 378 KUHP atau Pasal 372 KUHP, dengan acaman hukuman empat tahun penjara. (rah)