Selasa, 24 September 2019


Perlu Diketahui! Setiap Personel Polri Punya Tiga Fungsi Ini

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 474
Perlu Diketahui! Setiap Personel Polri Punya Tiga Fungsi Ini

SILATURAHMI - Silaturahmi Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono di Kantor Suara Pemred, Sabtu (30/12). (SP/Anugrah)

PONTIANAK, SP – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menjelaskan, ada tiga fungsi yang selalu melekat pada personel Polri. Yaitu, semua personel Polri pengemban fungsi humas, fungsi intelijen dan fungsi binmas.

Fungsi humas yang dimaksud, semua anggota Polri dapat memberikan keterangan pers. Namun dalam memberikan keterangan tersebut, dikatakannya memiliki tataran. Mulai dari grass root, first line supervisor, low manager, middle manager sampai pada top manager.

Untuk tataran grass root dan first line supervisor, dikatakannya bahwa telah dilatih untuk memberikan keterangan pers namun memang mengemban fungsi pers.

“Hal-hal apa yang bisa ditanyakan kepada mereka terkait dengan hal itu, hal-hal yang faktual dan aktual pada saat itu mereka bisa memberikan,” katanya dalam dialog di Suara Pemred, Sabtu (30/12).

Namun, begitu masuk pada tataran analisis, Didi mengatakan bahwa mereka tidak dapat memberikan keterangan. Ini dapat dijelaskan pada tataran low manager.

Sementara di fungsi intelijen, peran personel Polri adalah tekait penindakan dini, prediksi, dan antisipasi. Untuk fungsi binmas, dalam bentuk preemtif dan prefentif.

Didi menerangkan, dalam bekerja, Polri memiliki empat bingkai pilar, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. (rah)