Kamis, 14 November 2019


Masyarakat Antusias Bangun dan Ramaikan Masjid

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 345
Masyarakat Antusias Bangun dan Ramaikan Masjid

Masjid Raya Mujahiddin

PONTIANAK, SP - Ketua Dewan Masjid Pontianak, Edi Rusdi Kamtono senang dengan antusias masyarakat dalam memperindah dan meramaikan masjid. Sampai saat ini katanya, dari data Kementerian Agama Kota Pontianak, ada 321 masjid yang berdiri. Di mana 80 persen masjid dalam kondisi baik.

"Ada sebagian yang masih perlu peningkatan, misalnya lantainya tergenang kalau air pasang, lahannya terbatas, biasanya pengurusnya ini belum memulai pembangunan," katanya usai meresmikan Masjid Taman Yasmin III, Jalan Ya'm Sabran, Pontianak Timur, Senin (1/1).

Namun katanya, lebih banyak lagi masjid yang sudah melakukan peningkatan dan penyesuaian dengan lingkungan.

"Alhamdulillah kalau masjid ini cantik, ini salah satu bangunan yang berkontribusi terhadap keindahan kota. Apalagi kalau punya ciri khas, baik arsitektur dan ramai yang ibadah. Ini jadi destinasi wisata tersendiri, ternyata Pontianak ini kota masjid juga," ujar Edi yang juga Wakil Wali Kota Pontianak ini.

Yang tak kalah menarik, sebagian besar masjid dibangun dari gotong-royong warga. Edi menjelaskan, di dalam al quran disebutkan, barang siapa ikut andil membangun masjid, walau hanya sebesar sarang burung saja, akan dijanjikan istana di surga. Sehingga masyarakat yang mengerti, menerima ini sebagai salah satu amal yang harus dilakukan.

"Karena akan rugi kalau tidak ikut, kita sebatas kemampuan, itu luar biasa. Jadi jangan takut miskin kalau membantu membangun masjid," katanya.

Minimal kata Edi, menyumbangkan tenaga untuk pembangunan. Dia pun memberi contoh, warga di Jalan Tanjung Harapan, Parit Mayor.

"Misalnya Masjid Al Falah di Tanjung Harapan, Parit Mayor, tiap malam gotong-royong bangun masjid, karena siang pada kerja," pungkasnya. (bls/ind)