Lahan Dicaplok Perusahaan, Warga Sambas Mengadu ke Komnas HAM Kalbar

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 429

Lahan Dicaplok Perusahaan, Warga Sambas Mengadu ke Komnas HAM Kalbar
Kepala Dusun Sejati, Desa Sijang, Irwan. (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP – Sejumlah masyarakat yang berasal dari Kelompok Tani Sekapur Sirih dan Kelompok Tani Sehati, Desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, mendatangi Kantor Komnas HAM Kalbar, di Jalan Daeng Abdul Hadi (samping Masjid Mujahidin), untuk melaporkan terkait pencaplokan lahan oleh PT Kaliau Mas Perkasa (KMP) Sambas, yang dilakukan sejak tahun 2008, Kamis (4/1).

Satu di antara perwakilan warga yang merupakan Kepala Dusun Sejati, Desa Sijang, Irwan menyampaikan bahwa polemik berkepanjangan antara masyarakat dengan pihak perusahaan telah terjadi sejak tahun 2008.

Sejak tahun 2008, dikatakannya masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani telah melakukan berbagai upaya untuk menuntaskan kasus tersebut. Termasuk meminta kepada pemerintah mulai dari desa, kecamatan, hingga ke Pemkab serta DPRD.

“Jadi kenapa kami sampai mendatangi Komnas HAM, karena ditanggal tersebut, kami meminta kepada pemerintah untuk memberi jawaban dalam satu minggu itu harus ada. Sampai sekarang belum ada jawaban,” ujarnya. (rah)