Pencaplokan Lahan Warga, Aduan ke Pemerintah Tak Ditanggapi Serius

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 396

Pencaplokan Lahan Warga, Aduan ke Pemerintah Tak Ditanggapi Serius
Kepala Dusun Sejati, Desa Sijang, Irwan. (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP – Warga yang tergabung dalam dua kelompok tani di Desa Sijang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, mengadu ke Kantor Komnas HAM Kalbar, terkait persoalan pencaplokan lahan oleh PT Kaliau Mas Perkasa (KMP) Sambas, Kamis (4/1).

Kepala Dusun Sejati, Desa Sijang, Irwan mengatakan, masyarakat menganggap aduan yang telah disampaikan tersebut tidak ditanggapi dengan serius. Untuk itu berdasarkan konsultasi bersama Serikat Tani Serumpun Damai (STSD), masyarakat memutuskan untuk mengadukan permasalahan ini ke Komnas HAM Kalbar.

Dia menceritakan bahwa pada tahun 2008, saat awal beroperasinya perusahaan, masyarakat pernah melakukan penyanderaan terhadap alat-alat berat milik perusahaan.

Dari penyanderaan tersebut, kemudian masyarakat melepaskan alat-alat berat dengan kesepakatan bahwa pihak perusahaan tidak melakukan penggarapan terhadap lahan warga.

Lahan kelompok tani tersebut dikatakannya sudah ditanami kelompok tani dengan tanaman karet dan sebagian ditanami sawit, yang masih saja digusur oleh pihak perusahaan. (rah)