Selasa, 17 September 2019


Speed Boat Bupati Kayong Utara Kandas di Muara Kubu

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 777
Speed Boat Bupati Kayong Utara Kandas di Muara Kubu

EVAKUASI - Evakuasi speed boat yang mengangkut Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid di Muara Kubu. (ist)

PONTIANAK, SP - Speed boat milik Pemda Kayong Utara yang mengangkut rombongan Bupati Hildi Hamid beserta istri, kandas di Muara Kubu, Rabu (3/1).

Evakuasi dilakukan oleh anggota TNI AL dari Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu, Lantamal XII Pontianak.

Kadispen Lantamal XII Pontianak Mayor Laut (E) Irawan TB, menyampaikan, evakuasi dilakukan sejak pukul 21.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB. Speed boat dalam perjalanan dari Kayong Utara menuju Pontianak.

“Dikarenakan dalam perjalanan salah alur, akhirnya speed boat kandas di perairan Muara Kubu,” jelasnya, Kamis (4/1).

Dia menjelaskan, setelah menerima informasi dari Syahbandar Batu Ampar, pihaknya langsung melakukan evakuasi.

Evakuasi dilakukan anggota Posmat Muara Kubu yang beranggotakan satu orang di bawah pimpinan Komandan Posmat Pelda Mes Satuhir. Proses pencarian dan evakuasi menggunakan alusista Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Padang Tikar PAT II-12-19.

Irawan menyampaikan, tidak terjadi kerugian personel maupun materil atas indiden tersebut.

Setelah dilakukan evakuasi, selanjutnya rombongan Bupati Kayong Utara Bapak H. Hildi Hamid, kembali melanjutkan perjalanan menuju Pontianak dengan dikawal oleh pengawak Posmat Muara Kubu menggunakan Patkamla Padang Tikar PAT II-12-19.

“Dalam melakukan aksi tanggap darurat, Posmat Muara Kubu juga kerap berkoordinasi dengan instansi samping dan Tim Search And Rescue (SAR),” imbuhnya.

Menurutnya, hal itu agar dapat memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat dan secara aktif terlibat dalam aksi tanggap bencana. Maupun penyelamatan di wilayah perairan Muara Kubu, Kalimantan Barat. (rah)