Partai Berkarya Kalbar Lolos Verifikasi Faktual KPU

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 908

Partai Berkarya Kalbar Lolos Verifikasi Faktual KPU
FOTO BERSAMA - Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya Kalbar, usai verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU Kalbar, Jumat (5/1). (SP/Aep)
PONTIANAK, SP - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Berkarya Kalbar, Sabli Awaludin menyatakan, partai besutannya telah lolos verifikasi. Hal ini disampaikan Sabli, tatkala memberikan keterangan pers di Kantor DPW Partai Berkarya Kalbar, Jalan Merdeka Barat No 488 Pontianak, Jumat (5/1).

Kepastian lolosnya DPW Partai Berkarya Kalbar, setelah dilakukan verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar. Verifikasi dipimpin oleh komisioner KPU Kalbar, Kasiono, beserta beberapa staf. Pada verifikasi tersebut, hadir pula anggota Bawaslu Kalbar. 

“Alhamdulillah, kita optimis lolos verifikasi faktual KPU. Hal ini didasari dari berbagai kelengkapan administrasi dan data-data faktual,” ujar Sabli.

Menurut Sabli, verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kalbar tersebut,
menyasar pada tiga hal, yaitu keberadaan pengurus inti, keterwakilan perempuan dalam partai, dan domisili kantor partai.

Adapun kehadiran dan keberadaan pengurus inti DPW Partai Berkarya Kalbar sangat jelas, yakni Ketua DPW, Sabli Awaludin, Sekretaris Samsuardi dan Bendahara, Ibrahim MS.

“Kami sangat jelas keberadaannya, sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Anggota (KTA). Termasuk kantor sebagai sekretariat partai,” katanya.

Untuk keterwakilan perempuan dalam partai, lanjut Sambli, DPW Partai Berkarya juga telah memenuhi persyaratan 30 persen, dengan 6 dari 11 pengurus inti adalah perempuan atau setara dengan hampir 50 persen keterwakilan.

Pria yang dua periode pernah duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Mempawah ini menjelaskan, secara kepengurusan, DPW Partai Berkarya Kalbar, telah memiliki berbagai persyaratan, baik verifikai administrasi maupun faktual. Untuk itu, ia berharap, KPU Kalbar bisa segera mengesahkan hasil verifikasi faktual yang sudah dilakukan.

“Kita tinggal menunggu hasil verifikasi faktual tingkat DPD di Kabupaten/Kota. Secara umum, di tingkat tersebut juga sudah sangat siap,” papar Sabli.

Usai ditetapkan hasil verifikasi faktual, Sabli bertekad terus melengkapi berbagai hal, dalam rangka menyukseskan agenda pesta demokrasi lima tahunan, yaitu Pemilu Legislatif (Pileg). Ia menyatakan, semua pengurus, anggota, dan simpatisan Partai Berkarya Kalbar, siap meloloskan kader partai ke parlemen.

“Penguatan partai secara internal. Menyempurnakan keanggotaan, kepengurusan, dan berbagai hal. Target kita adalah mengirimkan wakil ke parlemen, baik DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, dan DPR RI,” pungkas Sabli. (biz/mul)