Tim Milton-Boyman Sesalkan Pengembalian Berkas Pendaftaran

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 524

Tim Milton-Boyman Sesalkan Pengembalian Berkas Pendaftaran
SANGGAHAN - Sanggahan dari LO tim pasangan calon Milton-Boyman kepada KPU Provinsi. KPU mengembalikan berkas pasangan karena tidak lengkap, Senin (8/1). (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - KPU Provinsi mengembalikan seluruh persyaratan pencalonan dan syarat calon bakal pasangan calon (bapaslon) gubernur dan wakil gubernur, Milton-Boyman, untuk dilakukan perbaikan.

Alasannya, pada saat penyerahan berkas syarat calon, Milton tidak menunjukkan bukti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKP) dari KPK dan bukti surat keterangan dari pengadilan tentang sedang tidak memiliki tanggungan hutang. Sementara Boyman, tidak lengkap LHKPN.

Di luar ruang pendafataran di Kantor KPU Provinsi, Pontianak, Milton menjelaskan bahwa dirinya telah mengurus berkas tersebut. Namun diakuinya, tidak memiliki bukti surat pengurusan.

"Sedang diproses, surat ndak ada, itu lah," ujarnya kepada awak media, Senin (8/1).

Sebelumnya, Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiyawati menyampaikan persyaratan pencalonan dan syarat calon bisa diterima apabila sudah lengkap dan memenuhi syarat saat dilakukan verifikasi.

Persyaratan pencalonan dikategorikan harus ada dan sah. Sementara untuk syarat calon, walaupun belum selesai diurus, minimal ada bukti pengurusan baru bisa diterima oleh KPU.

Ketua Tim Kampanye Milton-Boyman, Antonius Situmorang mengatakan sesungguhnya timnya tidak mempermasalahkan soal pengembalian berkas. Hanya saja, pihaknya mempertanyakan dasar aturan yang digunakan KPU sehingga berkas kurang harus dikembalikan.

"Oleh tim advokasi kami, dipertanyakan apakah mekanismenya seperti itu. Saya pikir kami tidak mempermasalahkannya, karena kebetulan hari ini baru tanggal 8," katanya di ruang Media Center KPU Provinsi.

Ia menyatakan, pihaknya siap melengkapi persyaratan yang telah ditentukan oleh KPU.

"Karena batas akhir sampau  tanggal 10, kami siap melaksanakan sampai batas akhir," ujarnya.

Berkas, kata dia, kembali akan diserahkan oleh bapaslon bersama pimpinan parpol pengusung, yaitu Gerindra dan PAN, setelah pengurusan berkas selesai. "Setelah berkasnya lengkap," ucapnya. (umr)