BPBD Kalbar: Kepala Daerah Segera Tetapkan Status Tanggap Siaga Bencana

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 372

BPBD Kalbar: Kepala Daerah Segera Tetapkan Status Tanggap Siaga Bencana
Kondisi banjir di Kabupaten Sekadau, Minggu (14/1). (SP/Akhmal)
PONTIANAK, SP – Pemerintah Proivinsi Kalimantan Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar, meminta kepada kepala daerah di setiap kabupaten/kota yang wilayahnya terkena banjir untuk segera menetapkan status tanggap siaga bencana.

"Bagi bupati dan wali kota yang wilayahnya terkena banjir harus segera mengeluarkan dan menetapkan status siaga bencana," ujar Kepala Pelaksna BPBD Kalbar, TTA Nyarong, Senin (15/11).

Nyarong menjelaskan hingga saat ini, ada dua kabupaten di Kalbar yang belum membentuk BPBD di daerahnya, yakni Kabupaten Sambas dan Kabupaten Kapuas hulu, maka untuk dua daerah itu, BPBD Provinsi yang akan membuat statusnya.

Bagi dua kabupaten itu, disarankannya  kepada bupati/wali kota untuk mengerahkan kemampuan yang ada, seperti menjalin kerja sama dengan dinas-dinas terkait dan dengan dana  yang sudah ada untuk menanggulangi bencana banjir yang terjadi.

Sesuai prakiraan BMKG, bahwa curah hujan di Kalbar akan meningkat pada akhir Januari. Untuk itu, Nyarong mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati menghadapi cuaca ekstrem saat ini. (jek)