Sabtu, 21 September 2019


Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Dibuka

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 408
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN Dibuka

UJIAN - Para peserta mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN tahun 2018 mulai dibuka. Melalui seleksi ini, calon mahasiswa baru bisa mendaftar di dua perguruan tinggi se-Indonesia. (Net)

PONTIANAK, SP - Penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2018 mulai dibuka. Melalui seleksi ini, calon mahasiswa baru bisa mendaftar di dua perguruan tinggi se-Indonesia. 

Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Universitas Tanjungpura Pontianak, Fahrizal menjelaskan prosesnya akan dimulai dengan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dari 13 Januari sampai 10 Februari 2018.

"Pendaftar bisa memilih tiga program studi dengan ketentuan satu perguruan tinggi maksimal dua program studi," katanya, Senin (15/1).

Usai melakukan pengisian dan verifikasi PDSS di sekolah masing-masing, pendaftar bisa melanjutkan ke laman resmi pendaftaran di http://www.snmptn.ac.id sejak 21 Februari hingga 6 Maret 2018. Pengumuman hasil seleksi akan keluar 17 April 2018.

Dalam laman resmi SNMPTN, informasi lengkap mengenai jumlah pilihan perguruan tinggi dan program studi bisa didapat. Bagi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan  Bidikmisi melalui laman resmi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Fahrizal mengatakan pihak panitia akan memberikan sanksi tegas pada sekolah atau siswa yang melakukan kecurangan terkait data-data saat melakukan  pendaftaran. Sanksinya, sekolah tidak diperbolehkan mengikuti SNMPTN tahun berikutnya. Sementara bagi siswa yang melakukan kecurangan, maka status kelulusannya akan dibatalkan.

"Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apapun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung pemerintah," tegasnya.

Dia menjelaskan, syarat siswa mendaftar adalah siswa yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2018 http://www.web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran. Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Dia menambahkan, pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada perguruan tinggi yang akan dipilih. Ada catatan khusus, untuk pendaftar program studi bidang seni dan olahraga, wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.Siswa.

"Kemudian, pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Jika mengalami kendala dalam mendaftar, bisa memanfaatkan layanan di Plasa Telkom seluruh Indonesia," pungkasnya. (bls/ind)