Polda Bentuk Forum Rumah Adem Pilkada

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 393

Polda Bentuk Forum Rumah Adem Pilkada
SAMBUTAN -Kapolda Kalbar saat menyampaikan sambutan saat pembentukan Forum Rumah Adem Pilkada, di Graha Khatulistiwa Polda Kalbar. Rabu (17/1). (Ist)
PONTIANAK, SP - Polda Kalbar menggelar rapat pembentukan Satgas Pilkada Damai dengan para stakeholder dan para pengurus partai politik, di ruang Graha Khatulistiwa Polda Kalbar, Rabu (17/1). 

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono mengatakan bahwa satgas tersebut untuk mengantisipasi gejolak yang di khawatirkan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

“Untuk itu kami bikin, ini adalah satgas yang kaitannya dengan cooling atau pendingin. Cooling center,” katanya.

Seperti dilihat menurutnya, di berbagai media terkait kerawanan pilkada di Kalbar, hal itu merupakan sinyalemen saja.

“Temen-temen tahu semua, bahwa Kalbar tidak sebagaimana yang dikhawatirkan tersebut. Karena saya pun orang Kalbar. Saya jadi tahu bagaimana warga Kalbar ini cinta damai,” tuturnya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menjaga Kalbar. Dia juga mengajak untuk memilih pemimpin yang benar-benar memiliki komitmen, memiliki integritas, memiliki prestasi untuk menjadi pemimpin di Kalbar dan kabupaten atau kota.

“Nah satgas ini, kita usung atau kita bikin satu gagasan ini untuk menjaga hal tersebut,” imbuhnya.

Di dalam Satgas tersebut, selain dari unsur Polri, ada pula dari unsur TNI, KPU, Bawaslu, perwakilan pasangan-pasangan calon, perwakilan tim sukses dan lain-lain.

Dengan adanya satgas gabungan tersebut, menurutnya dapat selalu dilakukan evaluasi setiap hari, agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya di Kalbar.

Satgas tersebut akan mulai aktif apabila dari forum dari hasil focus group discussion yang terdiri dari seluruh stakeholder terkait menyetujui.
Penamaan satgas yang telah diajukan untuk sementara yaitu Satgas Adem (aman, damai, energik dan makmur) atau Kalbar Aman Damai.

“Makanya kita nanti mau menentukan ni. Kan diskusi dulu nih mau Kalbar Aman Damai kah, atau Kalbar yang Adem. Adem itu (aman, damai, energik dan makmur),” pungkasnya.

Pj Gubernur Kalbar, Doddy Riyadmadji yang juga turut hadir menyampaikan, bahwa satgas tersebut sedang akan di diskusikan. Dia juga berharap agar diskusi tersebut dapat berlangsung dengan efektif. Karena persoalan mengantisipasi merupakan hal yang penting agar tidak terjadi sesuatu yang dikhawatirkan.

“Intinya seperti itu sebenarnya. Jadi sebelum ada sakit. Siap-siap dulu untuk pencegahan agar tidak sakit,” ujarnya.

Dia juga berharap agar tim Satgas Adem yang akan dibentuk oleh Polda Kalbar tersebut dapat benar-benar Adem.

“Karena pihak kepolisian kan mengatakan bahwa Kalbar itu panas ketika untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah. Mudah mudahan tidak terjadi apapun,” pungkasnya. 

Dalam hasil rapat tersebut, disepakati bahwa nama Satgas tersebut menjadi Forum Rumah Adem, yang tujuanya untuk mendinginkan dinamika kamtibmas dalam rangka Pilkada yang menghangat.

Dalam setiap satu minggu sekali, masing-masing stakeholder akan mengutus satu perwakilan untuk melakukan evaluasi setiap minggunya di Kalbar Cooling Center yang berada di Polda Kalbar. (rah/ind)