Pemprov Kalbar Bentuk Desk Pilkada, Ini Tugasnya

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 462

Pemprov Kalbar Bentuk Desk Pilkada, Ini Tugasnya
Ilustrasi Pilkada. (net)
PONTIANAK, SP - Dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak 2018, Pemprov Kalbar akan membentuk suatu lembaga, yaitu Desk Pilkada, yang akan memantau jalannya proses pemilihan kepala daerah di masing-masing daerah yang akan menyelenggarakan pemilihan.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji mengatakan, desk itu nantinya akan merekam proses Pilkada setiap harinya.

"Desk Pilkada itu akan merekam hal-hal yang terjadi dari hari ke hari, berkaitan dengan proses penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di provinsi maupun di kabupaten/kota," ujarnya di hadapan KPU Provinsi, di Pendopo Gubernur, Pontianak, Jumat (19/1) sore.

Ia mengatakan, saat ini Desk Pilkada sudah dibentuk. Selain dari unsur jajaran Pemprov, lembaga ini nantinya bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara Daerah (BINDa).

"Tinggal dari BINDa yang belum memasukkan orang untuk saya tandatangani menjadi anggota di Desk Pilkada," terangnya.

Desk Pilkada berada di bawah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalbar.

Kepala Badan Kesbangpol Kalbar Hatta mengatakan, saat ini tengah dilakukan pelengkap surat keputusan (SK) di beberapa OPD yang belum melengkapi.

"Kemudian ditandatangani oleh bapak (Pj Gubernur)," katanya saat melaporkan kesiapan Desk Pilkada kepada Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji.

Ia melanjutkan, untuk tim pemantau, juga tengah dilakukan persiapan pembentukan.

Tim ini, terang dia, nantinya akan berkelompok memantau proses Pilkada di setiap daerah yang akan menggelar Pilkada serentak.

"Kita sedang buat SK-nya untuk keliling (ke) daerah Pilkada," kata dia. (umr)