Jumlah Dukungan Perbaikan Bang Mol-Wawan Memenuhi Syarat

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 556

Jumlah Dukungan Perbaikan Bang Mol-Wawan Memenuhi Syarat
Penyerahan berita acara serah terima syarat dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat kepada bapaslon Usmulyani-Wawan. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Berkas perbaikan syarat dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) dari jalur perseorangan dalam Pilkada Kota Pontianak 2018, Usmulyani-Wawan, yang diserahkan kemarin ke KPU Kota Pontianak, Sabtu (20/1), dinyatakan memenuhi syarat (MS).

Setelah dilakukan verifikasi administrasi dan Sistem Informasi Pencalonan (Silon), jumlah syarat dukungan bapaslon 'Bang Mol Wawan (BMW)' yang MS ini sebanyak  38.626 dukungan.

"38.626 orang dan tersebar di 150 persen kecamatan di Kota Pontianak atau sebanyak enam kecamatan. Serta dinyatakan memenuhi syarat jumlah kekurangan dan sebaran dukungan," kata Anggota KPU Kota Pontianak Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Abdul Latif, saat membacakan berita acara hasil verifikasi di Hotel Garuda, Pontianak.

Ia mengatakan, berdasarkan jumlah fotokopi identitas kependudukan atau surat keterangan (Suket) dari Disdukcapil yang menjadi lampiran Formulir Model B.1-KWK Perseorangan Perbaikan sebanyak 38.365 pendukung.

"Jumlah dukungan yang terdapat dalam softcopy Formulir Model B.1-KWK Perseorangan Perbaikan sebanyak 39.702 orang," sebutnya.

Sebelumnya, syarat dukungan bapaslon BMS dalam rapat pleno terbuka dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 15.725 dukungan.

Maka dari itu, bapaslon ini diwajibkan menyerahkan perbaikan syarat dukungan dua kali lipat, yakni sebanyak 31.450 dukungan.

Bakal calon wali kota Usmulyani, mengaku bersyukur atas dinyatakanya syarat dukungan perbaikan memenuhi syarat yang melebih ambang batas minimal.

Meski dinyatakan MS, BMW masih akan melewati tahapan berikutnya untuk bisa lolos menjadi pasangan calon, yaitu tahapan verifikasi faktual perbaikan di lapangan. (umr)