Pemilik PD Panca Motor II, Tersangka Kasus Perpajakan Diserahkan ke Kejari

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 2246

Pemilik PD Panca Motor II, Tersangka Kasus Perpajakan Diserahkan ke Kejari
Proses tahap II terhadap Khow Siu Seng, pemilik PD Panca Motor II di Kejari Pontianak, Selasa (23/1). (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - Penyidik Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kanwil Provinsi Kalimantan Barat melakukan penyerahan tersangka beserta barang bukti (tahap II) oleh penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kejaksaan Negeri Pontianak, di Kantor Kejaksaan Negeri Pontianak, Selasa (23/1).

Kasi Pidsus, Juliantoro Hutapea, mengatakan bahwa tersangka tersebut atas nama Khow Siu Seng, yamg merupakan seorang pengusaha di Kota Pontianak, pemilik PD Panca Motor II.

Juliantoro menjelaskan bahwa modus yang digunakan oleh tersangka dalam melakukan perbuatannya yaitu dengan sengaja telah menyampaikan SPT tahunan PPh orang atau pribadi tahu pajak 2009 dan 2010, serta SPT masa PPN masa Janiari sampai dengan Desember 2009 dan 2010 yang isinya tidak benar atau tidak lengkap.

Hal itu menyebabkan kerugian negara pada penerimaan pajak sebesar Rp4.743.358.961.

“Tahap II berjalan lancar, tersangka yang datang dengan menggunakan baju warna hitam dengan lancar menjawab pertanyaan Jaksa Bondan Pekshajandu dan Deni Susanto, serta ikut memperhatikan penelitian atas barang bukti yang juga ikut diserahkan,” tuturnya.

Dia mengatakan, bahwa tersangka ditahan di Rutan Kelas IIA Pontianak selama 20 hari ke depan, yang terhitung sejak 23 Januari 2018.

Tersangka tersebut disangka melanggar Pasal 39 ayat (1), huruf d Undang-undang RI Nomor 6 Tahun 1963 dengan Undang-undang RI Nomor 16 Tahun 2009.

Penindakan hukum ini diharapkan dapat membuat efek jera, sekaligus sebagai upaya preventif mengurangi tindak pidana di bidang perpajakan. (rah)