Pemkot Protes Kebijakan Impor Beras

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 384

Pemkot Protes Kebijakan Impor Beras
Ilustrasi. Net
PONTIANAK, SP - Kebijakan impor beras yang dilakukan pemerintah pusat nyatanya juga diprotes pemerintah daerah. Salah satunya dari Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Perikanan Kota Pontianak, Bintoro. Dia menyampaikan beberapa waktu lalu saat berada di Jakarta, protes sempat dilancarkan.

"Kita protes cadangan pangan beras kita ada sekitar 300 ribu ton ketersediaan pangan untuk cadangan nasional, untuk Pontianak wacana kita ada 125 ribu ton. Tahun 2018 ini kita malah lebih sekitar 3000an ton untuk Kalbar. Jadi kesepakatan waktu rapat itu, kita sepakat semua tidak setuju ada impor beras," ucapnya, Selasa (23/1).

Dia menjelaskan, saat itu menteri terkait sempat membantah bahwa rencana impor beras adalah untuk jenis premium. Namun semua kepala dinas tegas menolak kebijakan impor beras. Baik itu jenis premium atau non premium.

Bintoro menjelaskan, angka cadangan beras 3.000 ton merupakan cadangan untuk wilayah Kalbar dari Kayong Utara, Ketapang, Melawi, Sambas, Sanggau, Sintang, Bengkayang dan Kubu Raya yang sudah mencukupi.

"Kita bukan berkurang, kita ada cadangan untuk menjaga perputaran beras itu tetap ada. Kita sudah kekurangan beras 30 persen dan akhirnya mendatang beras dari Jawa," ucapnya. (bls/ind)