Selasa, 24 September 2019


Minister Pariwisata Sarawak Puji Terbang Perdana Wings Air

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 476
Minister Pariwisata Sarawak Puji Terbang Perdana Wings Air

Cendera mata diberikan oleh pihak Wings Air. (SP/Agus)

PONTIANAK, SP – Minister Pariwisata Sarawak, Datok Abdul Karim Rahman Hamzah, memuji langkah maskapai Wings Air membuka rute Pontianak-Kuching sehari dua kali penerbangan. 

Dia meyakini dengan semakin bertambahnya rute penerbangan dari Indonesia, khususnya di Kuching, Sarawak, akan meningkatkan ekonomi di suatu daerah, khususnya di sektor pariwisata.

"Dulu warga kami di Sarawak, jika mau ke Jakarta atau Bali, harus mengambil rute penerbangan ke Kuala Lumpur-Jakarta terlebih dahulu. Tapi sekarang, untuk berwisata ke Indonesia, sudah bisa langsung melalui rute ke Pontianak,” kata Abdul saat acara jumpa pers bersama jajaran Wings Air di Kuching, Sarawak, Rabu (24/1).

Abdul menyebutkan, saat ini Kuching menawarkan beragam destinasi wisata kepada pelancong dari daerah luar. Termasuk Indonesia. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam dan budaya.

Ditambah lagi, saat ini di Kuching  juga sudah membangun fasilitas kesehatan, berupa lima unit rumah sakit swasta. Di mana banyak pasien yang berobat tidak saja warga dari Sarawak, melainkan juga berasal dari Kota Pontianak.

Artinya, dengan penambahan jadwal penerbangan antar dua negara, selain mempersingkat akses tempuh. Misalnya, yang biasanya akses tempuh Pontianak- Kuching menggunakan jalur darat memakan waktu enam jam perjalanan, kini dengan transportasi maskapai bisa dipersingkat cukup dengan waktu perjalanan 30 menit saja.

Direktur Operasional Wing Air, Redi Setiawan menyebutkan  permintaan dan kebutuhan atas kedua destinasi ini baik dari Ibu Kota Kalimantan Barat yaitu Pontianak menuju Ibu Kota Serawak yaitu Kuching cukup tinggi, sehingga kami siap menyediakan dua kali jadwal penerbangan per harinya. 

Tidak menutup kemungkinan adanya penambahan frekuensi ke depannya agar dapat terus mengakomodir kebutuhan pelanggan.

Pihak Wings Air berharap dengan kehadiran rute ini akan semakin memberikan pilihan kepada warga Pontianak dan sekitarnya maupun warga Kuching untuk saling dapat berkunjung baik untuk kebutuhan pariwisata, kunjungan keluarga, maupun bisnis.

"Dengan hal ini tentu kami yakin dapat semakin menstimulasi pertumbuhan ekonomi tentunya bagi Kota Pontianak,” ucapnya. (loh)