Senin, 23 September 2019


Dewan Ajak Masyarakat Hidupkan Kembali Siskamling

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 1314
Dewan Ajak Masyarakat Hidupkan Kembali Siskamling

Ilustrasi. Net

PONTIANAK, SP - Anggota DPRD Kalbar, Lukanus Lukas Pasalima meminta masyarakat untuk menghidupkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) guna menjaga keamanan lingkungan.

"Melalui Siskamling juga akan terjaga kekompakan warga serta lebih menjalin silaturahmi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Untuk itu Siskamling di lingkungan RT maupun RW di seluruh wilayah baik kabupaten atau kota, terlebih di kawasan-kawasan padat penduduk harus kembali digalakkan," kata Lukas. 

Menurut dia secara institusi untuk keamanan dan penjaga kondusivitas memang tugas kepolisian. Namun secara tanggung jawab dan rasa kebersamaan, hal itu merupakan tugas dan kewajiban bersama seluruh unsur dan elemen masyarakat. Baik warga maupun aparat, tokoh agama, masyarakat, pemuda hingga tokoh adat. Termasuk generasi penerus bangsa yakni sebagai wujud nyata bersama untuk ketentraman dan kenyamanan.

"Kita Apresiasi selama ini patroli dan kegiatan kepolisian. Baik berupa pengamanan maupun mendatangi secara langsung di lokasi rawan kejahatan. Polisi semakin dekat dengan masyarakat dan berperan aktif. Maka dari itu sebagai pendukungnya siskamling bisa lebih diaktifkan kembali seperti dahulu," tandasnya.

Sudah saatnya warga berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan. Segera melaporkan ke aparat kepolisian bila terjadi tindak pidana atau menemukan hal-hal mencurigakan.

"Jadi ini harus kita lakukan, sinergi antara masyarakat dan penegak hukum. Saya yakin kekondusifan ini akan semakin terjaga karena seluruhnya merasa bertanggung jawab atas hal itu," tutupnya. (jek/ind)