Tinjau Sekolah, Sutarmidji: Sekolah Negeri harus Jadi Pilihan

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 302

Tinjau Sekolah, Sutarmidji: Sekolah Negeri harus Jadi Pilihan
Sutarmidji ketika meninjau sekolah, Selasa (30/1). (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Wali Kota Pontianak, Sutarmidji meninjau pembangunan SMPN 2 dan SDN 34 Pontianak, Selasa (30/1) pagi.

Dua sekolah itu hanya sebagian dari jumlah yang dibangun dan selesai tahun ini. Sekolah lain yang sudah selesai di antaranya, satu unit sekolah baru jenjang SD dan SMP di Pontianak Utara, satu unit sekolah baru di Pontianak Timur, dan pembangunan SMPN 4 serta SMPN 24.

Pembangunan sejumlah sekolah baru dan penambahan lokal kelas di sekolah lain, dilakukan untuk mengimbangi jumlah siswa tertampung. Adanya SD dan SMP baru sengaja dilakukan agar linier dengan SMA Negeri.

"Itu harus linier. Sehingga SMA, SMP swasta yang tidak memberikan proses belajar dengan baik, dia akan tidak jadi pilihan, swasta harus melengkapi fasilitasnya," katanya.

Untuk sekolah negeri, wali kota dua periode ini mengaku fokus ke sarana dan prasarana pendidikan. Tahun ini pun sudah disiapkan anggaran untuk beberapa sekolah yang dibangun baru serta dibangun ulang. Harapannya, sarana dan prasarana pendidikan betul-betul representatif.

"Untuk SMPN 2, saya yakin menjadi yang terbaik dari segi fisik di Indonesia bukan hanya di Kalbar. Karena di lengkapi ampliteater, taman dan lainnya. Mudah-mudahan prestasi anak semakin baik," ucapnya.

Lebih detail, dia menerangkan bangunan SMPN 2 baru selesai tahap awal. Namun ruang belajar sudah boleh digunakan.

Siswa bisa segera pindah. Apalagi sebentar lagi akan ujian berbasis komputer. Perangkatnya pun sudah siap. Pembangunan sekolah itu tinggal ampliteater, penimbunan halaman belakang dan pagar.

"Untuk sekolah baru sudah selesai. Tanggal 9 atau 10 saya resmikan," imbuhnya. (bls)