Minggu, 20 Oktober 2019


Pilkada Kalbar Kategori Rawan, Asops Polri Beberkan Hal Ini

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 366
Pilkada Kalbar Kategori Rawan, Asops Polri Beberkan Hal Ini

Asops Polri, Irjen Pol M Iriawan. (SP/Anugrah)

PONTIANAK, SP – Terkait Pilkada Kalbar yang masuk dalam kategori rawan, Asops Polri, Irjen Pol M Iriawan menjelaskan, bukan berarti disamakan dengan rawan seperti yang pernah terjadi di  Ambon atau Poso. Namun lebih karena adanya keberagaman dan perbedaan.

“Tapi bukan berarti itu akan terjadi, kita antisipasi,” katanya, di Pontianak, Senin (5/2).

Pemetaan yang dilakukan pada beberapa daerah, menurutnya analisa yang dilakukan tidak salah. Karena di beberapa daerah sudah mulai terjadi eskalasi, seperti di Maluku yang sudah ada pembacokan terhadap anggota KPU, selain itu di Jawa Barat terjadi pelemparan batu pada sebuah kantor parpol.

“Oleh sebab itu dipersiapkan, pengamanan maksimal. Ada preemtif, preventif, proaktifnya dikedepankan, pendekatan, penggalangan, macam-macam. Baru represif, Gakkum itu terakhir,  apabila pencegahan itu tidak bisa dilakukan,” tambahnya.

Selain itu, kata Iriawan, pengamanan Pilkada juga menyasar media sosial. Pihaknya akan melakukan pengawasan dari tim pada masing-masing Polda. Sehingga, dia mengimbau untuk melakukan kampanye yang betul-betul sejuk dan damai. (rah)