Senin, 23 September 2019


Kerjaan Banyak Tak Tuntas, DPR RI Desak Presiden Ganti Menteri ATR/BPN

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 495
Kerjaan Banyak Tak Tuntas, DPR RI Desak Presiden Ganti Menteri ATR/BPN

Anggota Komisi II DPR RI, Rufinus Hotmaulana Hutauruk. (SP/Jaka)

PONTIANAK,SP - Anggota Komisi II DPR RI, Rufinus Hotmaulana Hutauruk mendesak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengganti Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Jalil.

Pasalnya, permasalahan pertanahan yang dialami negara Indonesia, belum selesai hingga kini. Dari 181 kasus pertanahan bersumber dari pengaduan masyarakat asal berbagai wilayah Indonesia yang disampaikan oleh DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) kepada Kementerian ATR/BPN. Tak satupun kasus terselesaikan.

"Kalau saya lebih setuju menterinya diganti oleh Presiden. Karena tidak mampu menyelesaikan satupun dari 181 kasus pertanahan. Sudah dikasi deadline berapa tahun. DPR RI selalu konfirmasi dan Menteri diberikan ruang RDP. Tapi tidak jalan," ungkapnya saat diwawancarai di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (8/2).

Politisi Partai Hanura ini menegaskan, masalah pertanahan merupakan kompleksitas. Pertanahan berkaitan dengan mineral, kesehatan dan lainnya. Apapun yang ada di Indonesia bersumber dari tanah atau land. (jek)