Pasca OTT, BPN Kalbar Tunjuk Plh Gantikan Kepala BPN Sanggau

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 599

Pasca OTT, BPN Kalbar Tunjuk Plh Gantikan Kepala BPN Sanggau
Kepala BPN Kalbar, Samad Soemarga bersama Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, Kamis (8/2). (SP/Jaka)
PONTIANAK, SP - Pasca tertangkap tangannya Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN)  Sanggau, VS yang kini menjadi tersangka kasus pungli pemungutan tarif biaya pembuatan sertifikat tanah melebihi standar, yang bersangkutan langsung dinonjobkan sementara oleh BPN Provinsi Kalimantan Barat.

"Yang bersangkutan sudah kita nonjobkan, dan sudah kita tunjuk Plh untuk menggantikannya," ujar Kepala BPN Kalbar, Samad Soemarga, Kamis (8/2).

Ia menerangkan yang ditunjuk sebagai Plh untuk menggantikan Kepala BPN Sanggau saat ini bernama Gultom, dan kepada pelaku pihaknya tidak dapat langsung melakukan pemecatan karena ada proses yang harus dilalui.

"Ada proses hukum yang harus dilalui. Selama beliau (Kepala BPN Sanggau) tidak bisa menjalankan tugasnya, maka kita tunjuk PLH sebagai penggantinya," ujarnya.

Ia menerangkan, selama ini semua hal yang berkaitan dengan pertanahan sudah terbuka, biaya dan tarif sudah tertera di setiap kantor BPN, namun persoalannya selama ini masyarakat masih memberikan sesuatu di luar kantor BPN padahal pelayanan pada BPN sudah menggunakan sistem elektronik.

"Pelayanan BPN selama ini sudah cukup bagus, yang terjadi seperti ini karena beberapa oknum, bukan lembaganya," ujarnya. (jek)