Minggu, 15 Desember 2019


Sutarmidji: 40 persen APBD untuk Pendidikan

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 407
Sutarmidji: 40 persen APBD untuk Pendidikan

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji saat berinteraksi dengan siswa SMPN 2 Pontianak Selatan. (SP/Balasa)

PONTIANAK, SP - Wali Kota Pontianak, Sutarmidji memastikan 40 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pontianak untuk pendidikan. Dia berujar pendidikan erat kaitannya dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Saat ini IPM Pontianak hampir 78, sementara IPM Kalbar hanya 65 lebih. Sedangkan IPM nasional 69.

"Parameter untuk mengukur IPM itu kan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan," katanya usai meresmikan sejumlah sekolah yang dipusatkan di SMPN 2 Pontianak Selatan, Kamis (8/2).

Maka pihaknya pun terus melakukan perbaikan di bidang infrastruktur pendidikan. Dia mengklaim, hampir semua sekolah sudah dibenahi. Bahkan, ketika SMA/SMK masih menjadi kewenangan Pemerintah Kota Pontianak, hampir semua tuntas pembenahannya. Namun dalam perjalanannya sekarang sudah beralih menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

"Sayangnya, gedung SMAN 3 itu yang lama harusnya dibongkar dan dibangun baru. Namun ternyata hanya direnovasi bagian atapnya. Sudah tidak sesuai dengan perencanaan kita," imbuhnya.

Sepanjang tahun 2017 setidaknya ada enam pembangunan sekolah yang dilakukan Pemkot Pontianak. Di antaranya SDN 74 Pontianak Barat, unit sekolah baru SDN Pontianak Utara Jalan Flora, unit sekolah baru SMPN 4 Pontianak Timur, gedung SMPN 2 Pontianak Selatan, SDN 34 Pontianak Kota dan SDN 24 Pontianak Timur. (bls)