Semua Siswanya Ikut UNBK, Begini Persiapan SMPN 1 Pontianak

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 635

Semua Siswanya Ikut UNBK, Begini Persiapan SMPN 1 Pontianak
Para siswa SMPN 1 Pontianak tengah melangsungkan simulasi UNBK di sekolah mereka, 14-15 Februari 2018 lalu. (ist)
PONTIANAK, SP - SMPN 1 Pontianak jadi salah satu dari semua SMP negeri yang akan ikut UNBK tahun ini. Kepala SMPN 1 Pontianak, Yuyun Yuniarti menjelaskan semua siswa kelas IX sekolah itu yang berjumlah 318 siswa, akan ikut UNBK. Untuk mencukupi kebutuhan komputer, pihaknya bekerja sama dengan orangtua siswa untuk meminjam laptop mereka.

Laptop yang dipinjam dari orangtua siswa itu jumlahnya 93 unit. Sementara perangkat yang dimiliki sekolah hanya 24 unit. Sementara total yang diperlukan untuk ujian sebanyak 106 unit yang akan dibagi dalam tiga ruang.

"Satu ruangan paling tidak 36 unit, kita sudah punya komputer atau laptop. Server tidak ada masalah dari tahun lalu sudah ada," katanya Selasa (20/2).

Namun demikian, pihaknya kini juga masih menunggu bantuan komputer yang akan diberikan Pemkot Pontianak lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Ujian sendiri akan digelar 23 April 2018. Hingga saat ini sudah dilakukan dua dari tiga kali simulasi UNBK yang dijadwalkan.

"Waktu uji coba kita sudah lakukan simulasi dengan menggunakan laptop milik siswa," imbuhnya.

Nantinya, tiga ruang ujian akan dibagi dengan satu ruang komputer milik sekolah, satu ruang diisi dengan laptop siswa, dan satu lagi menggunakan komputer bantuan pemerintah. Sementara untuk simulasi ketiga yang dijadwalkan 25 Februari 2018 nanti, masih akan menggunakan laptop milik siswa.

"Kita belum tahu bantuan ini kapan realisasinya, dan bulan Maret mungkin sudah ada," pungkasnya. (bls)