Penasaran Partisipasi Warga Pontianak Soal Pembebasan Lahan Tanpa Ganti Rugi, Ini Dia Penjelasan Pemkot

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 327

Penasaran Partisipasi Warga Pontianak Soal Pembebasan Lahan Tanpa Ganti Rugi, Ini Dia Penjelasan Pemkot
PONTIANAK, SP - Peserta Bencmarking to Best Practice Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan 63 Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, penasaran dengan pembangunan di Kota Pontianak yang demikian pesat.

Apalagi ada partisipasi masyarakat, di mana mereka memberikan lahannya untuk pembangunan kota secara cuma-cuma. Contohnya untuk pelebaran jalan.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Herry Hadad yang menerima kunjungan itu pun menjawab rasa penasaran para peserta. Dia berujar, kuncinya ada pada bagaimana Pemkot membangun sebuah kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

"Itu yang kita wujudkan dalam banyak hal, misalnya transparansi dan tanggung jawab," katanya dalam agenda yang berlangsung di ruang rapat Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (27/2).

Pemkot Pontianak memang rutin menggelar bedah APBD di awal tahun. Selain itu, komposisi APBD yang telah disahkan pun dipublikasikan ke media massa dan bisa diunduh semua orang.

Selain membangun kepercayaan, Herry Hadad juga menyampaikan bahwa pemerintah turut menjelaskan ke masyarakat bahwa pemerintah tidak punya banyak uang untuk membangun dengan sekaligus. Masyarakat pun diajak untuk sharing.

"Setiap yang kita bangun, misalnya jalan, berpengaruh pada peningkatan properti, itu terbukti harga tanah jadi naik 100-200 persen. Nah, kira-kira mau tidak keluarkan 10 persen untuk itu," jelasnya. (bls)