Basarnas Pontianak Komit Tingkatkan Kualitas Personel

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 711

Basarnas Pontianak Komit Tingkatkan Kualitas Personel
HUT Basarnas ke 46 di Kantor Basarnas Pontianak. (SP/Jaka)
PONTIANAK, SP - Badan SAR Nasional Pontianak berkomitmen meningkatkan kualitas personelnya guna memaksimalkan dalam menjalankan opresai pencarian dan pertolongan di Kalimantan Barat.

Hal ini diungkapkan langsung oleh kepala Kantor Basarnas Pontianak, Heri Marantika  usai melaksanakan upacara peringatan HUT Basarna ke 46 di kantor Basarnas, Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Rabu (28/2).

"Kami berkomitmen meningkatkan disiplin, dan meningkatkan keterampilan di bidang SAR, untuk memenuhi dan membantu kebutuhan masyarakat," katanya.

Dalam melaksanakan tugas pokok sesuai dengan Undang-undang Nomor 29 tahun 2014 kata dia sepanjang tahun 2017 hingga saat ini, pihaknya sudah melakukan berbagai operasi SAR, dan hjal ini mendapat sambutan positif bagi masyarakat Kalbar.


"Sejak Januari 2017 hingga Februari 2018 ada sekitar sembilan kejadian yang sudah kami tangani, dari sembilan kejadian itu satu di antaranya masih terjadi lost contact yakni kapal, dan sampai saat ini dalam pencarian," kata Heri.


Ia mengatakan, dalam rangka memeriahkan HUT yang ke 46 ini, juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial berupa membersihkan saluran air (parit) di lingkungan sekitar Kantor Basarnas Pontianak, memberikan santunan ke sejumlah panti asuhan dan panti jompo, serta mengadakan kegiatan berbagai perlombaan.

Ia menambahkan kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk mendekatkan Basarnas dengan masyarakat dan sebagai wujud perhatian kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Basarnas kata dia juga akan berupaya untuk selalu peduli untuk membantu sesama karena Badan SAR Nasional tidak akan sukses tanpa dukungan masyarakat.

 Dalam kesempatan itu,  juga mengingatkan pentingnya empat komponen dalam kinerja Basarnas yaitu TNI, Polri, Pemda dan potensi SAR nasional.

Sementara itu Sekretaris Rumah Sakit Muhammad Soetomo atau Rumah sakit AURI, Kapten Whiko mengatakan pihaknya menyatakan siap mendukung kegiatan maupun tugas dari Basarnas Pontianak, koordinasi dan komunikasi selama ini sudah berjalan dengan sangat baik.

Ia berharap ke depannya Basarnas Pontianak juga dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi lainnya termasuk RS Muhammad Soetomo. (jek)