Chairil Efendi Kembali Terpilih Pimpin MABM Kalbar

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 364

Chairil Efendi Kembali Terpilih Pimpin MABM Kalbar
Ketua MABM Kalbar, Chairil Efendi. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Prof Chairil Efendi, kembali terpilih sebagai Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalbar untuk periode 2018-2023 lewat Musyawarah Besar V MABM yang digelar di Grand Mahkota Hotel, Kamis (1/3). Ini merupakan periode kedua mantan rektor Universitas Tanjungpura Pontianak itu menyandang kedudukan sama.

"Saya memang dipercaya oleh 14 DPD MABM seluruh Kalbar secara aklamasi. Saya terima itu sebagai amanah meskipun sebenarnya berat karena tugas saya di kampus juga tidak ringan. Ini namanya amanah," kata Chairil usai terpilih kembali.

Selain memilih pemimpin, dalam mubes turut dihasilkan sejumlah revisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Ada beberapa item yang dikoreksi. Sejumlah program untuk lima tahun ke depan pun telah disepakati bersama beberapa rekomendasi internal dan eksternal.

"Internal untuk penguatan MABM di seluruh kota. Sedangkan eksternal kita arahkan kepada pemerintah. Khususnya yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," jelasnya.

Prof Chairil dalam kesempatan itu juga mengatakan MABM mengapresiasi kinerja Presiden RI yang telah berhasil membangun infrastruktur di Kalbar, khususnya daerah perbatasan. Pihaknya pun mengapresiasi pemerintah yang memberikan perhatian pada daerah perbatasan. Namun ada juga sejumlah catatan. MABM meminta pemerintah untuk serius menangani soal narkoba dan menyetop penyebaran paham radikal yang membahayakan masyarakat.

"Terkait pilkada serentak, kami minta seluruh pelaksana melaksanakan tugasnya secara profesional. Mulai dari KPU, Bawaslu, Dukcapil dalam penyediaan data sampailah kepada pihak keamanan hendaknya berkerja secara profesional. Itu yang kita sampaikan," pungkasnya. (bls)