Senin, 23 September 2019


Pj Gubernur Kalbar Terharu dan Bangga dengan Cap Go Meh Pontianak

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 800
Pj Gubernur Kalbar Terharu dan Bangga dengan Cap Go Meh Pontianak

Pj Gubernur Kalbar, Doddy Riyadmadji bersama Pjs Wali Kota Pontianak Mahmudah memberikan angpao kepada Barongsai. (SP/Anugrah)

PONTIANAK, SP - Pj Gubernur Kalbar, Doddy Riyadmadji mengatakan bahwa dirinya terharu sekaligus bangga terhadap pelaksanaan festival naga Cap Go Meh, yang dipusatkan di Jalan Gajah Mada, Pontianak, Jumat (2/3), siang.

Dia mengatakan bahwa dirinya belum pernah mengalami keramaian seperti pelaksanaan festival naga untuk memperingati rangkaian perayaan tahun baru Imlek.

“Ini adalah sebuah lambang yang dipersembahkan oleh Kota Pontianak,” ujarnya.

Kegiatan tersebut menurutnya bisa menggambarkan betapa alam dibentuk oleh berbagai kekuatan, yang melalui berbagai kekuatan itu bersinergi.

Dikatakannya pula bahwa Cap Go Meh yang dilaksanakan di Kota Pontianak menurutnya sungguh sangat membanggakan, terutama dengan adanya festival naga yang dipersembahkan oleh Yayasan Bhakti Suci.

Kegiatan tersebut menurutnya bukan hanya menggambarkan bagaimana seni dan budaya itu diusung, namun juga berkaitan dengan bagaimana memelihara keamanan dan lain-lain.

“Mulai dari hari ini, saya pribadi terus terang mencatat dalam sejarah hidup saya. Saya menyaksikan betapa kayanya budaya kita Indonesia,” katanya, yang disambut dengan tepuk tangan riuh dari para hadirin.

Untuk itu, dia mengucapkan selamat kepada ketua Yayasan Bhakti Suci, yang sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan di dukung oleh Pemerintah Kota Pontianak dan lain-lain.

Dengan adanya kegiatan tersebut dia berharap agar kebersamaan tersebut akan terus berlangsung.

Doddy mengatakan bahwa dirinya sempat mengobrol dengan Pangdam XII TPR, terkait dengan seandainya pada pelaksanaan tahun-tahun mendatang ada lokasi yang lebih lega dari Jalan Gajah Mada tersebut.

“Barangkali nanti bisa dipikirkan, bagaimana kesenian atau festival naga ini bisa dilaksanakan di Jalan yang lebih lega, yang lebih leluasa untuk mendemonstrasikan bagaimana keberagaman dari yang ada di Kalbar,” tandasnya. (rah)