Timsel Umumkan 35 Calon Anggota KPU Kalbar Lolos CAT

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 772

Timsel Umumkan 35 Calon Anggota KPU Kalbar Lolos CAT
Ketua Timsel Calon Anggota KPU Kalbar, AR Muzammil. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Tim seleksi (Timsel) calon anggota KPU Provinsi Kalbar periode 2018-2023, mengumumkan 35 calon anggota yang lolos dalam tahapan seleksi computer assisted test (CAT).

“Dari hasil tes tertulis yang kita lakukan pada hari ini, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018, menyatakan bahwa tertulis ini akan diambil 35 orang yang dinyatakan lulus,” ujar Ketua Timsel, AR Muzammil, kepada awak media di Sekretariat Timsel, Pontianak, Rabu (7/3).

Sebagian besar calon anggota yang lolos tes, didominasi oleh anggota KPU dari kabupaten/kota dan provinsi.

“Kalau dari 35 ini, saya lihat ada empat orang perempuan dan 31 laki-laki. Sebagian besar saya lihat dominasinya ada di anggota KPU kabupaten/kota dan ada dua anggota KPU Provinsi,” sebutnya.

Calon peserta yang mengikuti CAT di salah satu ruang SMA di Pontianak ini, disediakan 120 soal. Materi soalnya seputar kepemiluan, NKRI dan undang-undang pemilihan.

“Mereka harus mengerjakan dalam waktu 100 menit,” katanya.

Muzammil memastikan, tes yang telah dilaksanakan fair. Sebab, soal-soal langsung dari pusat. Karena berbasis komputer, hasil tes bisa langsung dilihat oleh masing-masing-masing calon.

Usai ditetapkan lolos tes CAT, 35 calon anggota tersebut selanjutnya akan mengikuti tes psikologi.

“Tes psikologi ini akan dilakukan mulai besok (Kamis, 8/3), bekerja sama KPU dengan Biro SDM Polda Kalbar,” terangnya.

Lebih lanjut, jelasnya, dari hasil tes psikologi yang dilaksanakan tiga kali ini, akan ditetapkan 30 orang. 

“Jadi akan ada lagi gugur lima orang calon anggota. Setelah itu, 30 orang ini baru mengikuti tes kesehatan jasmani (dan) rohani, tes narkoba dan wawancara. Nanti di sini kami akan mengambil 10 orang untuk kami kirim ke KPU RI,” tuturnya. (umr)