Kesehatan Anak di Kalbar Bakal Jadi Konsen Paslon Ini

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 366

Kesehatan Anak di Kalbar Bakal Jadi Konsen Paslon Ini
ilton menyapa seorang anak yang dipangku ibunya saat melakukan sosialisasi di Kabupaten Ketapang, baru-baru ini. (ist)
PONTIANAK, SP - Tertinggalnya bangsa Indonesia dari negara lain, khususnya daerah Kalbar dari provinsi lain, salah satunya disebabkan rendahnya sumber daya manusia yang ada.

Cagub Kalbar nomor urut 1, Milton Crosby, menyebutkan faktor penyebabnya, kurang asupan gizi yang cukup dan baik bagi anak-anak yang ada di Kalbar.

“Hal ini tentu berakibat banyak anak bangsa ini mengalami gizi buruk, akhirnya membuat tumbuh kembang otak anak tidak menjadi baik, sehingga mengurangi kecerdasan anak itu sendiri,” ujarnya kepada awak media di Pontianak, Jumat (9/3).

Sebagai kontestan Pilgub Kalbar 2018, pasangan Milton-Boyman bertekad akan memperhatikan gizi-gizi anak daerah yang lebih baik lagi, agar anak-anak Kalbar tumbuh lebih sehat dan cerdas.

Baik kesehatan dan gizi anak Kalbar, lanjutnya, harus benar-benar diurus. Karena kata dari data Global Nutrition,  Indonesia urutan ke 108 gizi buruk se dunia. Bahkan kondisi gizi 17,8 persen anak balita di Indonesia di bawah standar WHO.

Ironisnya lagi papar Milton, Indonesia tercatat paling besar di kawasan ASEAN. Indonesia hanya lebih baik daripada Laos dan Timor Leste. Prevalensi Indonesia tercatat 36 persen, sedangkan Laos 44 persen.

"Dan lebih mengejutkan saya lagi, Kalbar termasuk nomor dua persentase gizi buruk tertinggi di Indonesia,” katanya.

Kondisi ini membuat Milton-Boyman prihatin. Untuk itu, program Puskesmas rawat inap menjadi program utamanya menjadi gubernur Kalbar. (umr)