Kamis, 19 September 2019


Psikolog: Anak Bermasalah Hukum Perlu Tempat Khusus

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 379
Psikolog: Anak Bermasalah Hukum Perlu Tempat Khusus

Ilustrasi. (net)

PONTIANAK, SP - Psikolog Pontianak, Maria Nofaola mengatakan berdasarkan pengalamannya menangani anak bermasalah hukum, mereka yang berusia di bawah 18 tahun adalah pembinaan. Apakah tempatnya di lapas atau bukan, yang pasti anak ini butuh penanganan khusus. Mulai dari pembinaan mental, rohani, segala macam perilaku positif, itu yang diperlukan.

"Semua tentu perlu kita perhatikan, jangan sampai tergabung dengan orang-orang yang tidak mendapatkan pembinaan," ucapnya Minggu (11/3).

Terlepas dari namanya lapas, perlu diperhatikan apakah lapas yang ada sudah memadai kriteria itu atau belum. Semestinya, tiap ruangan harus terpantau, bagaimana pergaulan mereka di dalam, apakah semua sudah terjaga. Hal semacam ini yang perlu diperhatikan.

"Jika kemudian lapas itu tidak memungkinkan untuk si anak, justru memperburuk kondisi si anak, justru tidak tepat. Jadi memang ada tempat lain yang intinya lebih baik, mental anak jadi lebih positif, karakter bisa terbangun," jabarnya.

Perihal kasus siswa yang memukul guru, dari informasi yang dia dapat, anak tersebut berasal dari keluarga yang bermasalah. Anak-anak seperti ini katanya butuh perhatian. Perlu terapi dan tidak bisa sekadar menempatkan mereka pada satu tempat, yang membuat mereka sulit beraktivitas.

"Kalau seperti itu, itu tidak membuat mereka lebih baik. Jadi untuk anak-anak sebenarnya memang butuh penanganan khusus," katanya.

Maria menjelaskan berulang bahwa apa yang dia katakan tak terpaut dengan kata lapas, dalam arti ketika anak ditempatkan di Lapas, tapi tempat itu memenuhi beberapa kriteria yang memang bisa membentuk anak jadi lebih baik, hal itu bisa saja.

"Jadi kita harus lihat lagi, di lapas itu seperti apa. Kalau saya pribadi lebih ke tempat yang positif buat anak, entah itu di rumah, atau pesantren. Atau apapun asal benar-benar bisa memberikan perhatian ke anak," jelasnya. (bls)