Tabrak Karang, Kapal Pengangkut 385 Ton Karet Kandas di Muara Jungkat

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 428

Tabrak Karang, Kapal Pengangkut 385 Ton Karet Kandas di Muara Jungkat
Evakuasi KLM Putra Akbar yang menabrak karang di Muara Jungkat. (ist)
PONTIANAK, SP - Satuan Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII Pontianak membantu pelaksanaan evakuasi dan penyelamatan terhadap nahkoda dan ABK Kapal Layar Motor (KLM) Putra Akbar yang berjumlah delapan orang di perairan Muara Jungkat, Senin (12/3).

Kadispen Lantamal XII Mayor Laut (E) Irawan TB menyampaikan bahwa KLM Putra Akbar milik PT Neo Kalbar tersebut membawa muatan 385 ton karet mentah berlayar dari pelabuhan Lampung menuju Pontianak pada Rabu (7/3).

“Dalam perjalanan sekira pukul 09.00 WIB di sekitar Pulau Liat Selat Gelasa, gelombang yang tinggi sekitar 1m – 1,5 m mengakibatkan kapal lepas kendali sehingga kapal menabrak karang dan mengakibatkan kebocoran di bagian dekat mesin kapal,” ujarnya.


Dikatakannya pula, pada saat terjadi kebocoran, ABK dan KKM kapal berusaha memperbaiki kebocoran yang terjadi di bagian kapal dekat mesin, hingga pada akhirnya nahkoda kapal memutuskan agar semua ABK untuk meninggalkan kapal pada posisi kapal lego jangkar pada koordinat 00’23 : 203 LS 08’ 53 490 BT Lokasi Tanjung Bunga 24 Mil dari muara Jungkat, dengan dibantu kapal motor nelayan di lokasi kejadian.


Lebih lanjut, setelah mendapat laporan dari nahkoda kapal Mulyadi, sekira pukul 00.30 WIB kepada satuan Divisi Jaga Patroli Lantamal XII bergegas langsung mengevakuasi korban laka laut KM Putra akbar tersebut.

“Tindakan awal yang dilakukan divisi jaga kapal Satuan Patroli, memberikan pertolongan pertama kondisi korban secepat mungkin dengan mengevakuasi korban di tempat yang nyaman, menyiapkan fasilitas penampungan sementara di Pos Patkamla, mendata para korban, dengan dibantu pemeriksaan oleh Dinas kesehatan lantamal XII,” paparnya.

Irawan mengatakan, setelah mendapatkan laporan pada pagi hari, Pasops Dansatrol Lantamal XII Mayor Laut ( P) Thomas Riyanto  mewakili Dan Satrol Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe, memerintahkan jajarannya untuk laksanakan pengawasan dan pengamanan serta penyisiran ke titik lokasi kejadian dengan memerintahkan KAL Lemukutan II-12-15 yang sedang laksanakan patroli di perairan Kalbar. (rah)