Senin, 23 September 2019


Dinsos Pulangkan Orang Telantar, Warga Darit Alami Depresi

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 374
Dinsos Pulangkan Orang Telantar, Warga Darit Alami Depresi

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pontianak, Edy Haryanto. (SP/Balasa)

PONTIANAK, SP - Dinas Sosial Kota Pontianak mengembalikan orang telantar asal Darit, Kabupaten Bengkayang yang ditemukan di Pontianak, kemarin. Pemulangan itu dilakukan petugas Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pontianak. Orang telantar dan depresi itu diamankan tak jauh dari Hotel Kapuas Dharma.

"Kami dapat laporan masyarakat, bahwa ada orang depresi berkeliaran tak jauh dari Hotel Kapuas Dharma. Dari laporan itu kami tindaklanjuti langsung," kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Pontianak, Edy Haryanto, Kamis (15/3).
Ketika petugas sampai ke lokasi, ternyata ada dua orang. Namun satu di antaranya kabur. Lari tunggang-langgang dikejar petugas. Alhasil hanya satu yang berhasil diamankan.

Usai diamankan, orang tersebut dibawa ke kantor dan dimandikan. Setelah rapi, pihaknya melakukan pendataan. Saat ditanya nama, tempat tinggal dan asal, ternyata dia bisa menjelaskan dengan gamblang. Dia mengaku bernama Igo dan pernah kerja dompeng.

"Kesimpulannya, orang ini bukan mengalami gangguan jiwa. Hanya saja sedikit depresi," imbuhnya.

Dari pendataan itulah didapat daerah asalnya di daerah Darit. Walau beberapa pertanyaan dijawab dengan lancar, ada juga yang dijawab dengan racauan. Edy menjelaskan itu karena orang tersebut mengalami depresi, hanya saja belum begitu parah. Dia mengaku mendengar semacam bisikan yang terus menusuk ke telinganya.

"Tapi tidak sampai mengamuk. Setelah didata, kita antar ke Darit," katanya. (bls)