Selasa, 17 September 2019


Seleksi Caleg April, PDI Perjuangan Buka Peluang Selain Kader

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 713
Seleksi Caleg April, PDI Perjuangan Buka Peluang Selain Kader

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Cornelis. (SP/Umar)

PONTIANAK, SP - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia  (PDI) Perjuangan Kalbar, baru akan melaksanakan seleksi calon anggota legislatif untuk Pileg 2019 pada April mendatang.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Cornelis, mengatakan pengumuman seleksi telah diumumkan bulan ini.

“Seleksi ini (nantinya) diteliti sedemikian rupa, termasuk pertama masalah manusianya, kedua syarat-syarat yang diatur dalam undang-undang,” ujarnya kepada awak media di Pontianak, kemarin.

Berkenaan dengan syarat berdasarkan undang-undang, ia menjelaskan, PDI Perjuangan sangat hati-hati dalam menyeleksi calon anggota yang akan maju dalam Pileg mendatang.

“Jangan sampai ada lagi kita tertipu masalah ijazah palsu, yang terlibat tindak pidana dan lain-lain,” terangnya.

“Nah, ada yang sangat strategis sangat penting yang diatur dalam undang-undang, itu harus menyertakan 30 persen perempuan. Nah, ini yang sudah mulai kita tata dan kita mungkin keliling kabupaten/kota se-Kalbar untuk menjelaskan ini kepada DPC-DPC,” timpal dia.

Cornelis mengungkapkan, dirinya akan turun langsung dalam menata keterlibatan 30 persen perempuan di internal PDI Perjuangan. Turun ke 14 kabupaten/kota, ia sekaligus akan melakukan kampanye dalam Pilkada serentak 2018.

“Saya lagi ngurus STTP saya. Kalau bisa mulai hari ini malam ini dah bergerak,” kata dia.

Selain kader, PDI Perjuangan membuka pendaftaran calon anggota legislatif bagi masyarakat umum, khususnya tokoh masyarakat yang memiliki potensi besar.

“Nanti April kita buka kota umumkan. Selain kader-kader PDI Perjuangan, juga tokoh-tokoh masyarakat yang dianggap berpotensi dan tidak punya ideologi lain selain Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, NKRI. Jadi empat pilar itu harus masuk,” jelasnya. (umr)