Selasa, 24 September 2019


KAHMI, Mover Generation dan Dinkes Menyatu Wujudkan Kampung Sehat

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 637
KAHMI, Mover Generation dan Dinkes Menyatu Wujudkan Kampung Sehat

Senam sehat. (SP/Balasa)

PONTIANAK, SP - Warga RT 01/RW 29 Jl Dharma Putra, Siantan Hilir, Pontianak Utara, Kota Pontianak, berkumpul Minggu (18/3) pagi. Beda dari akhir pekan biasanya, kini mereka senam bersama. Menjaga kebugaran badan sambil canda tawa. Usai senam massal, mereka periksa kesehatan.

Akhir pekan kali ini memang terasa istimewa. Kawasan itu baru mendapatkan sematan baru, sebagai Kampung Sehat. Inisiatornya adalah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Pontianak, bersama Mover Generation dan Dinas Kesehatan Pontianak.

Presiden Mover Generation, Layuni Nandatia menyampaikan, Kampung Sehat memang kegiatan rutin mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya konsen untuk membantu membina masyarakat agar peduli pada kesehatan. Dia pun berharap, niat mereka untuk warga di Siantan Hilir dapat respon baik.

Sebagai penyemangat, ternyata Kampung Sehat tersebut juga diikutkan dalam lomba aksi sosial nasional tahun ini. Sebelumnya, Mover Generation juga telah membina Kampung Sehat di Jl dr Wahidin, Pontianak Kota 2017 lalu. Saat itu Kampung Sehat di sana juara tiga. Besar harapan Kampung Sehat Jalan Dharma Putra punya langkah sama, bahkan lebih.

"Semoga tahun ini Kampung Sehat di Siantan Hilir ini juga mendapatkan juara di tingkat nasional," katanya.

Pengurus KAHMI Pontianak, Isnadi yang mewakili Ketua KAHMI Pontianak Subhan Noviar menyampaikan agenda KAHMI yang turut dihadiri Komisioner KPU RI, Viryan, yang mantan Ketua KAHMI Pontianak itu, sebagai upaya organisasi memberdayakan masyarakat. Mereka rutin ikut dalam aksi sosial dan siap bermitra untuk kemajuan masyarakat.

"Kami ingin Kampung Sehat terus tumbuh di tempat-tempat lain di Kota Pontianak. Kalau satu kecamatan hanya satu Kampung Sehat, rasanya terlalu sedikit," ujarnya.

Ke depan, tiap bulan akan ada pemeriksaan kesehatan warga. Setelah enam bulan, evaluasi akan dilakukan untuk mengambil langkah atas temuan di lapangan. Warga pun merespon dengan antusias. Mereka siap mendukung terwujudnya Kampung Sehat.

"Program-program berkelanjutan ini manfaatnya akan dirasakan sendiri oleh masyarakat. Saya optimis akan terwujud," kata Ketua RT 01, Marwan.

Marwan bercerita, salah satu yang sulit dilakukan warga adalah menghilangkan kebiasaan merokok. Dia pun berharap pembinaan dalam Kampung Sehat, bisa membantu warga yang ingin berhenti merokok.

Camat Pontianak Utara, Aulia Candra, berterimakasih atas partisipasi masyarakat dalam mewujudkan Kampung Sehat. Tanpa dukungan masyarakat, program hidup sehat ini tidak akan berjalan sesuai harapan. Dia menyatakan pemerintah sebenarnya sudah punya program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilombakan di level RW. Kampung Sehat yang ada di RT 1 ini diharapkan menjadi cikal bakal PHBS, dengan melibatkan RT-RT lain di RW 29 Siantan Hilir.

"Kebersamaan pemerintah dengan masyarakat semoga terus berlanjut," pungkasnya. (bls)