Peredaran Rastra Tak Layak Konsumsi Merata di Pontianak

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 434

Peredaran Rastra Tak Layak Konsumsi Merata di Pontianak
Beras Rastra tak layak konsumsi dan tak sesuai timbangan. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Koordinator Pengawasan untuk Kota Pontianak  terkait Bantuan Sosial Kementerian Sosial RI, Gubrani menjelaskan dari laporan masyarakat dan monitoring yang dilakukan pihaknya di 29 kelurahan dan enam kecamatan di Pontianak, jatah beras sejahtera (Rastra) yang diterima masyarakat tidak sesuai dengan berat yang tertera di karung. 

Di mana di karung itu tertulis 10 kilogram, sementara yang diterima hanya 7-8 kilogram.

Bukan hanya itu, kualitas berasnya pun buruk. Beras rastra mestinya berkualitas medium. Temuan ini didapat di beberapa kelurahan dengan jumlah penerima yang bervariasi. Misalnya di Kecamatan Pontianak Utara dan Pontianak Timur. Hal ini sudah terjadi sejak Januari 2018.

"Ada banyak laporan, dari kelurahan juga lapor ke kita, kami anggap 29 kelurahan itu juga terjadi kekurangan timbangan dan masalah kualitas itu," katanya, Jumat (23/3).

Pihak kelurahan katanya sudah memberi laporan. Pendamping pun telah melaporkan temuan itu ke Bulog, selaku pihak yang bertanggung jawab dalam penyediaan beras dan distribusi sampai titik distribusi di Kelurahan. Namun jawaban yang diterima menurutnya kurang memuaskan. 

Pihak Bulog hanya memberikan saran jika jumlah timbangan kurang dan kualitas beras, beras tak usah didistribusikan ke masyarakat. Dikumpulkan ke kelurahan, dan dibikinkan berita acara. Pihak Bulog akan menukarnya. (bls)