PN Pontianak Kekurangan Hakim Ad Hoc PHI

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 319

PN Pontianak Kekurangan Hakim Ad Hoc PHI
Ilustrasi. (net)
PONTIANAK, SP - Ketua Komisi Yudisial (KY) Perwakilan Kalimantan Barat, Budi Darmawan mengatakan saat ini Pengadilan Negeri Kelas I A Pontianak kekurangan hakim ad hoc Pengadilan Hubungan Industrial (PHI). 

Hanya ada satu orang hakim di posisi itu. Hal ini akan jadi kendala ketika jumlah kasus yang ditangani bertumpuk. 

Kekurangan ini sudah terjadi sejak setahun terakhir. Akibatnya, jika ada perkara yang menyangkut hubungan industri, KY harus mendatangkan hakim dari luar Kalbar. 

KY Perwakilan Kalbar sendiri sudah menyampaikan permasalahan ini kepada Mahkamah Agung (MA). 

"Semoga hakim ad hoc PHI yang baru terpilih nanti bisa ditempatkan di PN kelas I A Pontianak," ucapnya, Minggu (1/4).

Jatah hakim ad hoc PHI ini penting untuk segera mengatasi permasalahan minimnya hakim tersebut. Budi mengungkapkan upaya redistribusi hakim untuk menunda rekrutmen hakim sudah tidak mungkin dilakukan. Masalah serupa terjadi juga di daerah lain. 

Lebih jauh, Budi Darmawan menjelaskan di Kalbar memang ada PN yang jumlah hakimnya cukup. Namun, jika PN yang cukup hakimnya ditarik ke PN lain yang perkaranya menumpuk, kekurangan tetap akan terjadi. Di Kalbar sendiri saat ini ada kurang lebih 250-an hakim. Jumlah itu termasuk hakim tinggi. 

"Mudah-mudahan bisa bertambah dalam waktu dekat. Redistribusi hakim itu tidak mungkin lagi dilakukan, sebab kita sampai sekarang masih krisis jumlah hakim," pungkasnya. (bls)