Tak Terdaftar di DPS, Warga Bisa Lapor lewat WhatsApp

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 305

Tak Terdaftar di DPS, Warga Bisa Lapor lewat WhatsApp
PONTIANAK, SP - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat, Misrawi menyampaikan saat ini KPU membuka layanan WhatsApp (WA) untuk pemilih yang belum terdaftar dalam Data Pemilih Sementara Pilkada Serentak 2018. Layanan dengan aplikasi teknologi itu telah diterapkan sejak 1 April dan akan berakhir 5 April 2018. 

"Waktu kini jajaran kami sedang melakukan perbaikan DPS (Daftar Pemilih Serentak) yang salah satunya membuka layanan WhatsApp untuk pemilih belum terdaftar selama 5 hari," ucapnya Selasa (3/4).

Jika belum terdaftar, masyarakat bisa melapor lewat aplikasi WA di nomor 0823-1076-7117 dengan melampirkan fail dokumen kependudukan berupa fotokopi KTP elektronik atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. 

"Kemudian kami akan lakukan pengecekan lebih dalam. Setelah paling lama 3x24 jam, kami akan menyampaikan hasil kerja kami," imbuhnya. 

Sementara untuk melakukan pengecekan data diri apakah sudah terdaftar atau belum, bisa dengan mengakses laman KPU di pranala https://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dps/1/nasional. Kemudian, ketik angka Nomor Induk Kependudukan (NIK) di kolom "Cari NIK" dan klik kolom "Cari". 

"Apabila tidak muncul data diri atau belum terdaftar, dapat menyampaikan ke nomor WA tadi," ucapnya. 

Misrawi berharap masyarakat berkenan menyampaikan informasi ini kepada khalayak lain, atau diteruskan ke orang per orang, atau grup WhatsApp lainnya. Hal ini mesti dilakukan bersama sebagai bentuk membangun demokrasi elektoral dalam pemilihan serentak 2018 yang semakin baik.

Dari hipertaut infopemilu.kpu.go.id, Data Pemilih Sementara Pilkada Serentak 2018 Kalimantan Barat sebanyak 3.470.989 pemilih, dengan jumlah pemilih lelaki 1.773.768 orang dan pemilih perempuan sebanyak 1.697.221 jiwa. Sedangkan untuk jumlah Tempat Pengumutan Suara (TPS) ada sebanyak 11.652. (bls)