Sabtu, 07 Desember 2019


Aliansi Umat Islam Kalbar Tuntut Proses Hukum Sukmawati

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 490
Aliansi Umat Islam Kalbar Tuntut Proses Hukum Sukmawati

Aksi massa tuntut proses hukum Sukmawati, Jumat (6/4). (SP/Anugrah)

PONTIANAK, SP - Massa dari Aliansi Umat Islam Kalimantan Barat Bersatu menggelar aksi damai, di halaman Masjid Mujahidin, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Jumat (6/4) siang.

Aksi ini bentuk ekspresi kekecewaan terhadap puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’, yang dibacakan Sukmawati Soekarno Putri dan diduga menistakan Islam. Dalam aksi, massa menuntut Sukmawati segera diproses hukum.  

Satu-persatu orator naik ke mobil podium dengan perlengkapan pengeras suara untuk menyampaikan aspirasinya.

Aksi yang diagendakan menuju Polda Kalbar tersebut dibatalkan. Lantaran Kapolda Kalbar bertemu langsung dengan perwakilan massa di Masjid Mujahidin setelah dilaksanakannya salat Jumat untuk menyampaikan aspirasinya.

Setelah bertemu dengan perwakilan umat, Kapolda Kalbar hadir langsung di tengah-tengah massa dengan memberikan penjelasannya dari atas mobil komando kepolisian kepada seluruh umat yang hadir.

Koordinator aksi, Syahrani Algagarus, mengatakan bahwa aksi tidak hanya dilakukan di Kalbar, namun juga di beberapa daerah lain secara bersamaan. Ini sudah menjadi aksi nasional untuk menuntut keadilan terhadap Sukmawati Soekarno Putri yang diduga terindikasi melakukan penistaan terhadap agama Islam dalam puisinya.

Dia menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh umat Islam yang hadir dengan tertib melakukan aksi. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Kalbar yang senantiasa mengakomodir aspirasi yang menjadi keresahan umat.

“Keresahan ini bukan hanya keresahan umat Islam Kalimantan Barat, tapi juga keresahan umat Islam di seluruh dunia. Khususnya di Indonesia,” katanya. (rah)