Selasa, 15 Oktober 2019


Penyeberangan Feri Pontianak Segera Non Tunai

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 425
Penyeberangan Feri Pontianak Segera Non Tunai

Warga membayar karcis feri penyeberangan. (SP/Balasa)

PONTIANAK, SP – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah mengungkapkan dalam waktu dekat transaksi non tunai akan diterapkan untuk pembayaran penyeberangan feri di Sungai Kapuas.

Penyeberangan Pontianak saat ini dikelola oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Feri cabang Pontianak. Rencana ini merupakan bagian dari Pontianak Go Cashless.

Pontianak Go Cashless direncanakan juga akan diimplementasikan untuk transaksi lainnya, salah satunya transaksi penyeberangan Kapuas,” kata Mahmudah saat membuka Zumba bersama Pontianak Go Cashless di pelataran Ayani Mega Mal, Minggu (15/4).

Penerapan transaksi non tunai di Pontianak dimulai 16 Sempterber 2017 lalu. Saat itu Pemkot Pontianak bersama Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat dan PT Pertamina menandatangani Nota Kesepahaman tentang Elektronifikasi Pembelian BBM secara Non Tunai di Seluruh SPBU di Pontianak. Langkah ini diambil sebagai upaya mendukung Gerakanan Nasional Non Tunai.

Awalnya, program  tersebut diimplementasikan hanya untuk transaksi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di SPBU Kota Pontianak per 1 Januari 2018. Walau sebenarnya, dalam nota kesepahaman dikatakan untuk semua jenis BBM.

“Tanggapan yang diberikan masyarakat Pontianak cukup positif,” kata Mahmudah.

Komentarnya merujuk pada data PT Pertamina. Data itu menunjukkan pada Maret 2018, transaksi pembelian BBM secara non tunai di SPBU Kota Pontianak tercatat Rp503,61 juta. Jika dipersentasekan, angka ini sebesar 19,40 persen dari total penjualan BBM di SPBU Pontianak.

Atas dasar itu, program BBM non tunai di Pontianak diperluas. Tidak hanya menyasar BBM jenis premium, namun juga jenis pertalite bagi kendaraan roda empat atau lebih yang mulai efektif per 1 April 2018.“Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk mendukung suksesnya Pontianak Go Cashless,” pungkasnya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Feri Persero Pontianak, Daniel PP Tambunan membenarkan bahwa dalam waktu dekat, pembayaran karcis penyeberangan rute Jalan Bardan ke Dermaga Siantan akan menggunakan pembayaran elektronik. Pembahasan pemberlakuannya tengah dilakukan bersama Pemerintah Pontianak. (bls)