Kamis, 19 September 2019


Server UNBK Bermasalah Bikin Panik

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 373
Server UNBK Bermasalah Bikin Panik

Pelaksanaan UNBK di Pontianak, Selasa (24/4). (SP/Maryadi)

PONTIANAK, SP— Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pontianak telah memasuki hari kedua Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Selasa (24/4).

Beberapa sekolah mengakui terdapat masalah terutama pada hari pertama yakni masalah server. Hal tersebut tak pelak membuat pelaksanaan UNBK diundur dan membuat siswa termasuk guru panik. Durasi perbaikan  server pun bervariasi di setiap sekolah. Namun, hari ke-2 UNBK berjalan lancar.

Mengenai kendala server di hari pertama pelaksanaan UNBK diakui oleh Yatmini. Panitia UNBK MTs Al-Irsyad ini mengakui memang sempat terjadi masalah server. Saat siswa masuk ke server, tiba-tiba semua server otomatis keluar sendiri. 

“Log out sendiri. Suasana jadi ribut. Sebentar saja sekitar lima menit. Setelah itu, siswa log in kembali,” ungkap Yatmini, saat dikonfirmasi Selasa (24/4). 

Pengalaman di hari pertama membuat Yatmini was-was. Namun, di hari kedua, tidak ada kendala server seperti dialami sebelumnya. Pelaksanaan lancar. Hanya saja kendala lain ada siswa yang tidak hadir. 

“Hanya ada siswa yang tidak hadir. Semenjak dari UAMBNBK, USBN, UNBK sudah tidak hadir. Jadi dianggap mengundurkan diri lah,” tanggap Yatmini. 

Durasi gangguan server saat pelaksanaan UNBK di sekolah tidaklah sama. Hera, satu di antara panitia UNBK di SMPN 2 mengatakan, pada hari pertama server berkendala selama 30 menit. Hal tersebut membuat siswa termasuk guru panik. 

“Siswa panik, termasuk saya,” ungkap Hera, Selasa (24/4).

Hera mengatakan, pelaksanaan UNBK di hari pertama memang sempat terjadi gangguan server. Siswa tidak bisa login ke server. Gangguan tersebut tak pelak membuat pelaksanaan UNBK ditunda selama 30 menit. Selama 30 menit itu siswa dan guru panik. Namun 30 menit selanjutnya, UNBK dapat berjalan dengan baik hingga sesi terakhir.

“Tadi pagi saja ada gangguan pas masuk sekitar 10 menit. Namun, pada sesi selanjutnya ini, lancar,” tambah Hera. 

Hera mengatakan, di hari kedua pelaksanaan sempat juga terjadi gangguan server selama sekitar 10 menit. Hera mengatakan, siswa  siswa terus melakukan log in. Setelah beberapa kali, mereka bisa log in dan mengikuti ujian dengan lancar. Sedangkan untuk gangguan selain server, Hera mengatakan sejauh ini belum ada. 

Pelaksanaan UNBK SMP dilaksanakan serempak di setiap daerah. Dengan memanfaatakan server pusat, tidak menutup kemungkinan akan terjadi masalah sistem. Namun, hal tersebut untuk sejauh ini masih dapat dikendalikan. (adi)