Selasa, 17 September 2019


Dishub Kalbar Minim Dana Pemasangan Rambu Lalu Lintas

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 351
Dishub Kalbar Minim Dana Pemasangan Rambu Lalu Lintas

Kadishub Kalbar, Moses Hermanus Musin. (SP/Nana)

PONTIANAK, SP - Pihak Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat mengakui mengalami keterbatasan anggaran. Hal ini lah yang diklaim menjadi penyebab mangapa usulan pemasangan rambu-rambu lalu lintas jalan berstatus provinsi di 14 kabupaten/kota se-Kalbar belum bisa terakomodir. 

“Jujur, APBD murni untuk kami itu kecil untuk merealisasikan permohonan dari pemerintah kabupaten/kota," ujar Kadishub Kalbar, Moses Hermanus Musin, kemarin.

Cakupan wilayah Kalbar yang luas serta ruas jalan yang cukup panjang, dianggap tak sepadan dengan ketersediaan dana yang mereka miliki. Sehingga tidak mampu mencakup seluruh usulan terhadap ruas jalan di Kalbar. 

"Luas jalan kita ini cukup panjang dan lebar sementara APBD kita tahun 2018 hanya berkisar di angka 5 miliar, belum lagi untuk gaji dan lain-lain," sebutnya.

Sejauh ini juga diakui Moses pihak Dishub juga tidak diberikan dan bantuan sehingga rencana untuk pemasangan rambu-rambu sebagaimana yang dimaksud jadi terkendala. 

Padahal kata Moses, sempat direncanakan pemasangan rambu-rambu mulai dari perbatasan Aruk di Kabupaten Sambas, Entikong di Kabupaten Sanggau serta perbatasan lainnya dipasang rambu-rambu negara

"Kondisi sekarang kami kesulitan, terlebih dana-dana sebelumnya itu lari ke Balai Perhubungan sebagai tangan kanan pusat. Kalau dari balai tentu ke Kanwil,” imbuhnya. (nak)