PGD Tahun Ini Bernuansa Dayak Sintang

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 657

PGD Tahun Ini Bernuansa Dayak Sintang
Panitia Pekan Gawai Dayak. (SP/Anugerah)
PONTIANAK, SP - Dewan Adat Dayak (DAD) Kalbar, melalui Sekretariat Bersama Kesenian Dayak (Sekberkeda) Kalimantan Barat di Pontianak akan kembali melaksanakan Pekan Gawai Dayak yang ke-33, yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 24 Mei 2018, di Rumah Radakng, Pontianak.

Wakil Ketua III, Bidang Acara Soeryamassoeka, menuturkan bahwa PGD ini akan mengangkat nuansa budaya Dayak Kabupaten Sintang, sehingga mulai dari upacara penyambutan tamu, tari kolosal, motif pada baliho dan banner akan mengangkat budaya Dayak Kabupaten Sintang.

Rangkaian kegiatan tersebut juga sudah mulai dilakukan dari beberapa hari sebelumnya, yaitu tanggal 15 Mei akan dilakukan technical meeting di Rumah Radakng, tanggal 17 Mei dilakukan pembekalan materi bagi bujang dara gawai, tanggal 18 Mei akan dilaksanakan ziarah ke makam tokoh-tokoh dan aktivis Dayak dan dilanjutkan dengan Anjangsana ke panti jompo Merry Joseph di Jalan 28 Oktober.

Selanjutnya tanggal 19 Mei akan diadakan upacara Ngampar Bide guna meminta restu leluhur dalam kesuksesan acara dan Misa syukur secara Agama Khatolik yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung Pontianak.

Dalam pembukaan, pihak panitia telah menghubungi Sekretariat Negara untuk mengundang Presiden RI Joko Widodo untuk hadir dalam pembukaan PGD, namun pihaknya hingga saat ini masih menunggu konfirmasi dari Sekretariat Negara.

Diantara perlombaan tersebut ada beberapa perlombaan yang tidak dilaksanakan pada PGD tahun ini, terutama perlombaan menangkap babi, dikarekan untuk menghormati umat Muslim, sebab pada panitia juga terdiri dari berbagai agama, diantaranya panitia beragama Muslim.

“Sehingga kami merasa perlunya toleransi dan lomba menangkap babi pada tahun ini ditiadakan untuk menghormati saudara-saudara kami yang beragama Muslim,” tuturnya. (rah)