Bom Gereja Surabaya, PJ Gubernur Kalbar: Bersatu Jaga Keamanan

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 764

Bom Gereja Surabaya, PJ Gubernur Kalbar: Bersatu Jaga Keamanan
Pj Gubernur Kalbar, Dody Riyadmadji. (Dok. Suara Pemred)
PONTIANAK, SP - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Dody Riyadmadji menanggapi peristiwa bom yang terjadi pada tiga gereja di Surabaya pagi ini.

Dijumpai Suara Pemred disela aktivitas paginya, Dody menyampaikan harapannya Indonesia yang bermacam-macam suku bangsa agama dan seterusnya ini, untuk mengutamakan kebersamaan dan persatuan Indonesia.

“Jadi kejadian di Surabaya, ini sungguh menyedihkan bagi saya selaku PJ Gubernur Kalimantan Barat,” ujar Dody.

Besar harapannya agar kejadian tersebut tidak merembet ke daerah-daerah lainnya. Menurutnya bahwa menganggap diri yang paling benar lalu melakukan peledakan dan seterusnya merupakan perbuatan yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, budaya seperti itu menurutnya jangan disebarkan kemana-mana dan sudah tutup di Surabaya dan selesai.

“Dan kita bersatu, lalu kemudian kota bekerja sama untuk membangun daerah masing-masing,” tegasnya.

Sebagai kepala daerah dalam menjaga ketenteraman dan kesejukan di Kalbar, dia mengatakan bahwa dirinya juga turut ingin menjaga keamanan dan ketertiban, di dalam menjaga keamanan dan ketertiban tersebut, instrumennya merupakan kepolisian, sementara pada pertahanan TNI, sementara agar Perda berjalan dengan sebagaimana mestinya tugas Satpol PP.

Semua itu menurutnya masing-masing mempunyai porsi-porsi, untuk itu bukan hanya Polisi dan TNI yang harus bekerja sama, namun masyarakat sipil juga harus menyatu sesuai dengan porsinya masing-masing sesuai dengan tanggung jawab dan fungsinya.

Dia juga mengatakan sering berjumpa dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk hal yang terkait dengan bagaimana bekerja sama antar agama dan lainnya. (rah)